ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN DAGING SAPI OLEH KONSUMEN RUMAH TANGGA (Kasus: Hipermarket Giant Taman Yasmin Bogor)

Joko Purwono, Sri Sugyaningsih, Meiryanti Andryani

Abstract


Peningkatan harga daging sapi akan berdampak pada pembelian pangan hewani lainnya, seperti daging ayam dan ikan. Peningkatan juga terjadi pada pasar modern di Kota Bogor yang menjual daging sapi. Kajian ini menganalisis proses pembelian daging sapi oleh konsumen, tingkat kepentingan dan kinerja atribut daging sapi di Giant Taman Yasmin. Dengan menggunakan metode Costumer Satisfaction Index (CSI) dan metode Importance Performance Analysis (IPA), hasil yang didapat yaitu tingkat kepuasan konsumen dari penjualan daging sapi di Giant Taman Yasmin berada pada kriteria puas, dimana konsumen telah merasa kinerja dari daging sapi yang dijual oleh Giant Taman Yasmin telah baik namun masih ada yang perlu diperbaiki, dan atribut harga merupakan prioritas utama perusahaan yang harus diperbaiki.

Keywords


Giant Taman Yasmin, kepuasan, proses pembelian

References


[BPS] Badan Pusat Statistika Kota Bogor. 2012. Jumlah Penduduk Kota Bogor 1971-2010. Bogor: BPS Kota Bogor.

Dinas Pertanian Bogor. 2013. Harga Daging Sapi Tahun 2012. Bogor: Dinas Pertanian Kota Bogor

Engel JF, Blackwell RD, Miniard PW. 1994. Perilaku Konsumen. Terjemahan. Jilid I. Edisi ke-6. F.X. Budiyanto, penerjemah. Jakarta : Binarupa Aksara Jakarta.

Kementrian Pertanian. 2012. Rata-rata Konsumsi Protein (gram) per Kapita Menurut Kelompok Makanan Tahun 2005 – 2011. Jakarta: Kementrian Pertanian Pusa

Kotler, P. 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi Kesepuluh. Strategic Marketing for Educational Institution. Jakarta (ID): PT. Prenhallindo.

Nugroho BA. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta [ID]: Penerbit Andi.

Rangkuti F. 2009. Riset Pemasaran. Jakarta (ID): PT. SUN.

Simamora B. 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta [ID]: PT. Gramedia Pustaka Umum.




DOI: https://doi.org/10.21107/nbs.v8i1.517

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.21107/nbs.v8i1.517.g485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons License

Copyright @ 2015, Faculty of Economics, Trunojoyo University of Madura