KAJIAN STRUKTUR PASAR GABAH DAN BERAS DI INDONESIA

Irham Lihan

Abstract


Anggapan bahwa kenaikan harga beras akan diikuti secara proposional oleh kenaikan harga gabah di tingkat petani dapat dimungkinkan akan terjadi, jika struktur pasar gabah di tingkat petani padi adalah pasar persaingan sempurna. Sebaliknya apabila struktur pasar gabah di tingkat petani bukan pasar persaingan sempurna terlebih pasar monopsoni, kenaikan harga beras tidak akan meningkatkan harga gabah di tingkat petani. Kenaikan harga beras ini hanya akan dinikmati oleh pedagang pengumpul dan lembaga-lembaga lain yang ikut dalam tataniaga beras. Tujuan dari penelitian ini tidak hanya menguji pengaruh kenaikkan harga gabah terhadap harga beras di tingkat petani tetapi juga untuk mengetahui struktur pasar atau pola harga dari kedua komoditas tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua komoditas ini memiliki struktur pasar yang monopsonistik, dan hanya 33% dari kenaikkan harga yang diterima oleh petani sedang sisanya 67% diterima oleh pedagang.

Keywords


Struktur pasar monopsonistik, harga beras, harga gabah di tingkat petani.

References


Ardeni, Pier Giorgo, 1989, Law Of One Price. American Journal of Agricultural Economics, Volume 71, Number 3, Agust 1989 . Lousiana State University, USA

Bustanul Arifin. 2004. Analisis Ekonomi Pertanian Indonesia. Penerbit Kompas 2004. Jakarta.

Dahlgram, Roger A & Steven C. Blank. 1992. Evaluating the Integration of Continuous Discontinous Markets, American Journal of Agricultural Economics, Volume 74, Number 2, May 1992 , Baltimore, Maryland, USA

Gordon, D.V., J.E. Hobbs, and W.A. Kerr. 1991 A Test For Price Integration in The EC LMarket Journal of Agricultural Economics. Vol 42, No. 2, Mei 1991. London, England.

Jian Yang, David A. Bessler, and David J. Leatham. 2000. The Law of One Price: Developed and Developing Country Market Integration, Journal of Agricultural and Applied Economics, 32,3(December 2000):429-440 © 2000 Southern Agricultural Economics Association

Kohls, Richard L and Joseph Uhl. 1980 Marketing of Agricultural Products . Fith Edition. Macmillan Publishing Co. Inc. New York. USA

Mubyarto.1995.. Pengantar Ekonomi Pertanian. Edisi Ke Tiga. Penerbit LP3ES. Jakarta

Tampubolon. 2002. Sistem dan Usaha Agribisnis. Penerbit Institut Pertanian Bogor. Bogor

Wharton Jr, Clifton R. 1962. Marketing Merchandising and Moneylending : A Note On Middleman Monopsony in Malaya, The Malaya Economic Review.

Zanias, G.P. "Testing For Integration In European Commodity Agricultural Product Markets." Journal of Agricultural Economics 44(1993): 418-27

Zeigler, Robert. 2005. Rice Research Development: Supply- Demand, Water, Climate, and Reasearch Capacity. Revitalisasi Pertanian dan Tarian Peradaban. Penerbit Kompas. Jakarta

Internet.

(http://database.deptan.go.id/smsharga/laphrgpt.asp




DOI: https://doi.org/10.21107/nbs.v8i1.515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons License

Copyright @ 2015, Faculty of Economics, Trunojoyo University of Madura