KAJIAN ATAS KONSEP “SUSTAINABLE COMPETITIVE ADVANTAGE” DARI NICOLE P. HOFFMAN DAN PENGEMBANGANNYA

Ahmad Rizki Sridadi

Abstract


Tujuan dari makalah ini adalah untuk mengetahui perkembangan definisi , sumber dan kontribusi keunggulan kompetitif yang berkelanjutan ( SCA ) . Ruang lingkup SCA dibahas dalam makalah ini adalah dalam bidang disiplin ilmu manajemen strategis. Makalah ini mengangkat isu-isu sebagai berikut : Pertama, bagaimana perkembangan definisi, sumber dan kontribusi SCA sampai 2011. Kedua, bagaimana SCA berkaitan dengan konsep manajemen strategis. Pembahasan dalam makalah ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan menelusuri sumber-sumber literatur pada jurnal internasional yang berkaitan dengan konsep SCA. Tulisan ini termasuk implikasi akademis untuk memperkaya khazanah literatur dasar konsep , sumber dan kontribusi SCA sehingga dapat digunakan oleh pembicara dan akademisi lain sebagai bahan ajar dan bahan penelitian lanjutan. Makalah ini difokuskan pada pemaparan dari definisi, sumber dan kontribusi terhadap SCA yang dibagi menjadi dua ( 2 ) bagian utama. Bagian pertama membahas jurnal utama Hoffman. Bagian kedua membahas jurnal yang mendukung dan terus membahas tinjauan singkat dari bidang psikologis . Beberapa sumber penting dari SCA adalah keterampilan yang unggul dan sumber daya yang unggul. Dari sini, perusahaan memiliki 4 ( empat ) atribut sumber daya yang penting, yaitu : kelangkaan, nilai, ketidakmampuan untuk ditiru dan ketidakmampuan untuk diganti. Sumber lebih lanjut dari SCA adalah inovasi psikologis modal, benchmarking, inovasi dan pemasaran yang positif. Selain itu, kontribusi terhadap kompetensi SCA misalnya inti, aset berbasis pasar, heterogenitas sumber daya dan pembangunan berkelanjutan. Akhirnya, pembahasan SCA ditambah dengan konsep-konsep lain dalam bidang manajemen strategis seperti orientasi pasar, nilai pelanggan, hubungan pemasaran dan jaringan bisnis .

Keywords


keunggulan kompetitif yang berkelanjutan ( SCA ), sumber SCA, kontribusi SCA , modal psikologis

References


De Madariaga, J. Garcia dan Valor, C. 2007. Stakeholders Management Systems: Empirical Insights from Relationship Marketing and Market Orientation Perspectives. Journal of Business Ethics, Vol. 71, No. 4, pp 425-439.

Dos Santos, MA. O. 2009. Achieving Sustainable Competitive Advantage through the Implementation Of The Societal Marketing Conceptby a Major Retailer In South Africa. Journal of Global Business and Technology, Vol. 5, No. 2, p 39.

Helfat, Constance E., dan Peteraf, Margaret A. 2003. The Dynamic Resource-Based View: Capability Lifecycle. Strategic Management Journal, Vol. 24, pp 997–1010.

Hoffman, Nicole P. 2000. An Examination of the “Sustainable Competitive Advantage” Concept: Past, Present, and Future. Academy of Marketing Science Review, Vol. 2000, No. 4.

Holm, Desirée Blankenburg., Eriksson, Kent., dan Johanson, Jan. 1999. Creating Value through Mutual Commitment to Business Network Relationship. Strategic Management Journal, Vol. 20, No. 5, pp 467-486.

Johannessen, Jon-Arild dan Olsen, Bjørn. 2009. Systemic Knowledge Processes, Innovation and Sustainable Competitive Advantages. Kybernetes, Vol. 38 No. 3/4, pp 559-580.

Khandekar, Aradhana and Sharma, Anuradha. 2005. Managing Human Resource Capabilities for Sustainable Competitive Advantage an Empirical Analysis from Indian Global Organisations. Education &Training, Vol. 47, No. 8/9, pp 628-639.

Lee, Yang-Im dan Trim, Peter R.J. 2006. Retail marketing strategy The role of marketing intelligence, relationship marketing and trust. Marketing Intelligence & Planning, Vol. 24, No. 7, pp 730-745.

Nasution, Hanny N.,dan Mavondo, Felix T. 2008. Organisational capabilities: antecedents and implications for customer value. European Journal of Marketing Vol. 42 No. 3/4, pp 477-501.

O’Shannassy, Tim. 2008. Sustainable Competitive Advantage or Temporary Competitive Advantage Improving Understanding of an Important Strategy Construct. Journal of Strategy and Management, Vol. 1 No. 2, pp 168-180.

Ren, Liqin., Xie, Guangya, Krabbendam, Koos. 2010. Sustainable competitive advantage and marketing innovation within firms: A pragmatic approach for Chinese firms. Management Research Review, Vol. 33 No. 1, pp 79-89.

Rijamampianina, Rasoava., Abratt, Russel., dan February, Yumiko. 2003. A Framework for Concentric Diversification through Sustainable Competitive Advantage. Management Decision, 41/4, pp 362-371.

Toor, Shamas-ur-Rehman dan Ofori, George. 2010. Positive Psychological Capital as a Source of Sustainable Competitive Advantage for Organizations. Journal of Construction Engineering and Management, Vol. 136, No. 3 .

Vorhies, Douglas W. dan Morgan, Neil A. 2005. Benchmarking Marketing Capabilities for Sustainable Competitive Advantage. The Journal of Marketing, Vol. 69, No. 1, pp 80-94.




DOI: https://doi.org/10.21107/nbs.v8i1.474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons License

Copyright @ 2015, Faculty of Economics, Trunojoyo University of Madura