Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cafe Melati Di Kabupaten Pamekasan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian pada Cafe Melati di Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan eksplanatori. Data diolah berdasarkan kuesioner yang dikumpulkan dari pengunjung Cafe Melati di Pamekasan yang menjadi responden. Uji validitas dan reliabilitas digunakan untuk mengetahui kualitas data penelitian. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji t dan uji F dengan teknik analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis data untuk uji t secara parsial menunjukkan bahwa Budaya (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Cafe Melati di Kabupaten Pamekasan. Pribadi (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Cafe Melati di Kabupaten Pamekasan. Psikologis (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Cafe Melati di Kabupaten Pamekasan. Sedangkan Sosial (X2) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Cafe Melati di Kabupaten Pamekasan. Berdasarkan uji F secara simultan menunjukkan bahwa variabel Budaya (X1), Sosial (X2), Pribadi (X3) dan Psikologis (X4) secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Cafe Melati di Kabupaten Pamekasan.
Keywords
References
Ely Ratnasari, 2021. Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mie Sagu di Desa Banglas Kec.Tebing Tinggi Kab.Kepulauan Meranti. Skripsi. Pekanbaru : Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.
Firmansyah, M A. 2018. Perilaku Konsumen. Yogyakarta : Deepublish.
Yolanda, A, et al. 2017. Affect Of Cultural Factor On Consumer Behavior In Online Shop. INTERNATIONAL JOURNAL OF SCIENTIFIC & TECHNOLOGY RESEARCH, VOL. 6:
-292.
Ginting, E. 2016. Faktor Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek “Samsung” (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Budi Luhur) Periode Bulan Maret – Mei 2015. Jurnal Ekonomika dan Manajemen. Vol. 5, No. 2.
Tri Santoso, D T. dkk. 2013. Pengaruh Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi dan Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Memilih Produk Operator Seluler Indosat-M3 di Kecamatan Pringapus Kab. Semarang. Vol. 6, No. 12.
Irwan, A M. 2019. Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online (Studi Kasus Pada Konsumen PT. Lazada Indonesia di Kota Makassar). Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen. Vol. 1, No. 2.
Susanti, G A. dkk. 2017. Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian di Cafe Cangkir Klasik Jember. JURNALPENELITIAN IPTEKS. Vol. 2, No. 2.
DOI: https://doi.org/10.21107/nbs.v13i1.28875
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Neo-Bis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright @ 2015, Faculty of Economics, Trunojoyo University of Madura