PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN MENENTUKAN STRUKTUR TEKS NEGOSIASI

Diyah Nurul Qotimah, Hannan Nawawi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Mind Mapping dalam meningkatkan kemampuan menentukan struktur teks negosiasi kelas X SMK IKIP Surabaya. Berdasarkan hasil observasi pada saat awal praktek mengajar (PPL) peneliti metemukan bahwa guru Bahasa Indonesia masih menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah) dan siswa enggan bertanya ketika diberi kesempatan untuk bertanya. Siswa juga pasif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan hanya mengandalkan hasil pekerjaan temannya ketika diadakan diskusi kelas, hal tersebut dapat memengaruhi hasil belajar siswa. Penerapan model pembelajaran Mind Mapping dalam kegiatan pembelajaran diharapkan dapat menimbulkan interaksi yang tinggi antara guru dan siswa ataupun antara siswa itu sendiri. Inilah yang membuat peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian guna mengetahui adakah penerapan model pembelajaran Mind Mapping dalam meningkatkan kemampuan menentukan struktur Teks Negosiasi pada siswa kelas X SMK IKIP Surabaya. Penelitian ini bersifat eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan olee peneliti yaitu data pretest dan posttest yang kemudian di uji dengan Independent Sample t-Test. Hasil perhitungan dengan software SPSS 19.00 adalah bahwa diperoleh hasil yaitu nilai probabilitas (Assymp. Sig 2 tailed) 0 kurang dari taraf signifikansi 5%, model pembelajaran Mind Mapping berpengaruh terhadap kemampuan menentukan struktur teks negosiasi



DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i2.7990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 WINDI SETIAWAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: