DAMPAK VERBAL BULLYING TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH GENDOL VI SEYEGAN SLEMAN YOGYAKARTA

Talisa Winahyu Setya Umara, Elma Nur Damawanti, Yanuar Bagas Arwansyah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui fenomena Verbal Bullying yang terjadi di SD Muhammadiyah Gendol VI serta dampaknya bagi kecerdasan interpersonal siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan paradigma penelitian ini yaitu naturalistik dan filsafat post-positivisme. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah Gendol VI Seyegan Sleman Yogyakarta dengan subjek penelitian yaitu 5 siswa kelas II SD Muhammadiyah Gendol VI. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumen. Wawancara dilakukan untuk memeroleh data, data tersebut diperoleh dengan wawancara siswa dan guru kelas. Pengambilan wawancara melibatkan 5 siswa kelas II dan seorang Guru kelas II SD Muhammadiyah Gendol VI. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Peneliti melakukan perbandingan dan pengecekan kebenaran data dengan alat dan waktu yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat keterkaitan antara fenomena Verbal Bullying dan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas II SD Muhammadiyah Gendol VI Seyegan, Sleman, Yogyakarta. Hal tersebut berarti semakin sering siswa mendapatkan Verbal Bullying maka akan memengaruhi tingkat kecerdasan interpersonal siswa.

Keywords


verbal bullying, kecerdasan interpersonal, naturalistik, siswa SD

References


Armstrong, Thomas. (2014). Kecerdasan Jamak dalam Membaca dan Menulis. Jakarta: Indeks.

Collins, W.A., W.S. Hoopwood, and J.C. Mackeowmn (1984) The Predictability of Interm Earnings Over Alternative Quarters, Journal of Accounting Research, Vol. 22, No. 2, Hlm. 467-479.

Desmita. (2005). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hurlock, Elizabeth B. (1980). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Penerbit Erlangga

Lwin, M., Khoo A., Lyen K., dan Sim C. (2008). How To Multiply Your Child’s Intelliegence. Jakarta: Indeks

Purnama, Dian. (2010). Cermat Memilih Sekolah yang Tepat. Jakarta Selatan: Gagas Media.

Zakiyah, E. Z., Sahadi H., dan Meilanny B. S. (2017). Faktor yang Memengaruhi Remaja dalam Melakukan Bullying. Jurnal Penelitian dan PPM. Vol. 4, No. 2, Hlm. 324-330.




DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7077

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Talisa Winahyu Setya Umara, Elma Nur Damawanti, Yanuar Bagas Arwansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: