PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MODEL KONSIDERASI UNTUK MEMPERKUAT BUDI PEKERTI SISWA DI KABUPATEN BANGKALAN

Wahid Khoirul Ikhwan, Muhammad Busyro Karim

Abstract


Model pembelajaran model konsiderasi siswa didorong untuk lebih peduli, lebih memperhatikan orang disekitar, lebih mementingkan kepentingan  bersama dari pada mengedepankan kepentingan pribadinya. Dengan model konsiderasi, siswa terbentuk menjadi individu yang mudah bergaul, bekerja sama, saling menghargai, dan hidup secara harmonis serta damai dengan siswa lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif, yang dilakukan terhadap lembaga pendidikan formal di Kabupaten Bangkalan, yaitu SDN Bancaran 2, SD Socah 3, dan Banyuajuh 5. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran yang sangat mengutamakan aspek pembentukan karakter siswa selalu kontruksi sikap. Kontruksi sikap atau yang disebut sebagai afektif merupakan sebuah kontruksi yang memungkin untuk mengevaluasi siswa ditinjau dari perubahan perilaku secara keseluruhan, baik perubahan dari aspek kognitif dan psikomotornya.


Keywords


karakter; konsiderasi; budi pekerti

References


Allport, G.W. 1964. Pattern and Gtowth in Personality. New York: Holt, Rinehart an Winston.

Endraswara, Suwardi. 2003. Karakter dalam Budaya Jawa. Yogyakarta: Hanindita Graha Widya.

Jong, De. 1985. Salah Satu Sikap Hidup Orang Jawa. Yogyakarta: Kanisius.

Kupperman, J.J. 1983. The Foundation Of Morality. London: George Allen & Unwin.

Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sudrajat, Akhmad. 2008. “Prosedur Pembelajaran”. Http://akhmadsudrajat.wordpress.com.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Winataputra, Udin S. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v3i2.7041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Wahid Khoirul Ikhwan, Muhammad Busyro Karim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: