Tinjauan Ekokritik dalam Kumpulan Puisi “Serina Hujan” Karya Himma Mufidah

Ira Fatmawati

Abstract


Sastra lebih banyak dikaji secara antroposentris sebagai artefak budaya yang berpusat dan terpusat pada manusia. Hal ini menyebabkan nilai-nilai dan pesan moral sebagai substansi dasar dalam sastra cenderung dianggap dan sikapi sebagai acuan standart ideal perilaku manusia dalam kehidupannya sebagai makhluk individual dan sosial, bukan sebagai makhluk biologis, lebih-lebih sebagai makhluk ekologis. Model kajian ekokritik sastra yang digagas meliputi model kajian sastra lingkungan dan model kajian etis. Model kajian sastra lingkungan dipilih menjadi model kajian narasi sastra pastoral dan narasi sastra apokaliptik. Melalui ekokritik sastra model kajian sastra lingkungan dan model kajian etis, dimensi budaya dan dimensi ekologis yang selama ini berada di luar sastra dapat dikembalikan kembali dalam “habitatnya”. Dengan demikian, diharapkan sastra dapat menyampaikan fungsi kultural dan fungsi ekologisnya.

Keywords


ekokritik sastra; model sastra lingkungan; model etis

References


Endraswara, Suwardi. 2016. Metodologi Penelitian Ekologi Sastra: Konsep, Langkah, dan Penerapannya. Yogyakarta. CAPS.

Endraswara, Suwardi (Ed). 2016. Sastra Ekologi: Teori dan Praktik Pengkajian. Yogyakarta. CAPS.

Garrad, Greg. 2004. Eccocritism. London and New York: Routledge, 2004. ISBN 0-415-19672-2. Kate Rigby, Monash University.

Harsono, Siswo. 2008. Ekokritik: Kritik Sastra Berwawasan Lingkungan. Semarang: Kajian Sastra; Jurnal Kebahasaan dan Kesusastraan.

Mufidah, Himmah. 2018. Serinai Hujan. Batu: Beta Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v3i2.7037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ira Fatmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: