MANTRA PELET MASYARAKAT JAWA TIMUR (TINJAUAN LINGUISTIK ANTROPOLOGI)

Sri Rahayu

Abstract


Mantra merupakan semua jenis pengucapan dalam bentuk puisi atau bahasa berirama,yang mengandung unsur magis dan diamalkan oleh tertentu, terutama dukun. Tujuan utama dari penelitian ini untuk menjabarkan dan menjelaskan hasil analisis tentang makna dalam mantra pelet yang menggunakan bahasa Jawa Kuno dan Sansekerta dan studi antropologi tentang penggunaan pelet di Jatim. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pendekatan teori dalam penelitian ini menggunakan linguistic antropologi melalui persfektif semantik. Pengumpulan data menggunakan metode participant observation dengan teknik simak, libat, cakap. Data dalam penelitian adalah buku mantra bahasa Jawa di Jawa Timu terbitan Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur tahun1984. Hasil dari penelitian ini berupa penafsiran makna yang terdapat dalam mantra pelet dan antropologi mantra pelet di Jatim.

Keywords


pelet; makna; bahasa Jawa Kuno; dan antropologi

References


Syuhudi, Muhammad Irfan dan M. Yamin Sani, M. Basir Said “ Etnografi Dukun: Studi Antropologi tentang Praktik Pengobatan Dukun di Kota Makassar”. Makassar: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar.

Soedjijono, Imam Hanafi, Kusnan Adi W. 1984. “Struktur dan Isi Mantra Bahasa Jawa di Jawa Timur.” Surabaya: Proyek Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah.

Koentjantraningrat, 1984. Kebudayaan Jawa. Seri Etnografi Indonesia No. 2. Jakarta: PN Balai Pustaka.

Uniawati, 2007. “Mantra Melaut Suku Bajo: Interpretasi Semiotik Riffaterre”. Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro.




DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v3i1.7033

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sri Rahayu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: