ANALISIS MAKNA KONTEKSTUAL DALAM ALBUM BEST OF THE BEST KARYA EBIET G. ADE SEBAGAI BENTUK REPRESENTASI NILAI SOSIAL

Indriati Alisa Prisiwati

Abstract


Bahasa berfungsi untuk mengungkapkan sebuah gagasan dalam bentuk lagu. Lagu merupakan media untuk membagi informasi masalah sosial dan pengalaman pribadi penyair terhadap lingkungan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis makna kontekstual. Khususnya konteks situasi yang meliputi, 1) medan wacana, 2) pelibat wacana, dan 3) sarana wacana yang ada dalam album Best Of The Best karya Ebiet G. Ade sebagai bentuk representasi nilai sosial. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Data berupa lirik lagu dengan analisis konteks situasi yang mencerminkan nilai sosial. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak dengan teknik catat dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi metode. Hasil analisis makna kontekstual pertama, yaitu medan wacana ditemukan berbagai kegiatan dan mata pencaharian sesuai nilai sosial, seperti keinginan seseorang untuk pulang dan meminta maaf, wanita bekerja sebagai tuna susila, mencintai dan merindukan seseorang, berjuang membela negeri, kerja keras seorang ayah, serta bersujud dan berdoa kepada Tuhan. Kedua, pelibat wacana ditemukan berbagai tokoh yang berperan sesuai nilai sosial, seperti orang yang bersalah, manusia mengalami musibah, seornag suami dan ayah bekerja menafkahi keluarganya, Tuhan Sang Pencipta member anugerah dan bencana, serta seorang lelaki yang mencintai wanita. Peran interaksi antara individu dan masyarakat yang terlibat menentukan adanya status sosial dan jarak sosial. Ketiga, sarana wacana ditemukan adanya peran bahasa berkedudukan wajib untuk menyampaikan suatu pesan. Tipe interaksi monologis dan dialogis. Medium isyarat disalurkan berupa video musik, lisan berupa lagu, dan tulisan berupa lirik lagu. Modus retoris yang digunakan, yaitu interogatif, deskriptif, optatif, imperatif, dan desideratif.


Keywords


Album Best Of The Best; Ebiet G. Ade; Konteks Situasi; Nilai Sosial

References


Abdulsyani. 2015. Sosiologi Skematika, Teori, dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ahmadi, Abu. 1986. Sosiologi dan Antropologi. Solo: Ramadhani.

Chaer, Abdul. 2007. Kajian Bahasa: Struktur Internal, Pemakaian, dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Danusi. Marsel. 2012. Pesan, Tanda, dan Makna. Yogyakarta: Jalasutra Angguta IKAPI.

Djajasudarma, Fatimah. 2009. Semantik 1 Makna Leksikal dan Gramatikal. Bandung: Refika Aditama.

Halliday dan Hasan. 1992. Bahasa, Konteks, dan Teks: Aspek-aspek Bahasa dalam Pandangan Semiotik Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hanafie, Sri Rahaju Djatimurti Rita. 2016. ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR. Yogyakarta: ANDI OFFSET.

Hanggar Kreator. 2010. Tembang Kenangan Era 80. Yogyakarta: Siklus.

Hariadi, Try. 2015. Analisis Lirik Lagu Sungai Kapuas Karya Paul putra.

Frederick. Tinjauan Tekstual dan Kontekstual. Jurnal Pendidikan Bahasa, Volume 4 No. 1. Diakses Pada Tanggal 1 Juli 2017.

Hermintoyo. 2005. Metafora Dalam Lirik Lagu Indonesia (Suatu Kajian Semiotik-Pragmatik). Semarang: Universitas Diponegoro Semarang.

Ibrahim. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Mahsun. 2013. Metode Penelitian Bahasa. Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mawardi dan Hidayati. 2009. Ilmu Alamiah Dasar. Ilmu Sosial dasar, Ilmu Budaya Dasar. Bandung: Pustaka Setia.

Miladiyah, Siti Humaeroh. 2014. Nilai Sosial dalam Novel Kubah Karya Ahmad Tohari dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Skripsi. Tidak dipublikasikan.

Moleong, Lexy J. 2011. METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF EDISI REVISI. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Pratiwi, Yani dkk. 2016. Membaca Estetik Puisi. Malang: Penerbit Ombak.

Saputra, Wahyu. 2012 Nilai-nilai Sosial dalam Novel Bukan Pasar Malam Karya Pramoedya Ananta Toer. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 1 No. 1. Diakses Pada 1 Juli 2017.

Subur. 2015. PEMBELAJARAN NILAI MORAL BERBASIS KISAH. Yogyakarta: KALIMEDIA.

Suwandi, Sarwiji. 2008. Semantik Pengantar Kajian Makna. Yogyakarta:Media Perkasa.

Tasmuji, dkk. 2015. Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Sosial Dasar, Ilmu Budaya Dasar. Surabaya: UIN Sunan Ampel Press.

Website Internet: Anonim. 2012. Musisi Balada Kontemplasi, (Online), (www.tokohindonesia.com/boigrafi/article/347-selebriti/2466-musisibalada-kontemplasi), diakses 23 Maret 2017.

Viva. 2008. Ebiet G. Ade, (Online), (m.viva.co.id/siapa/read/515-ebiet-g-ade), diakses 27 Maret 2017.

Yusuf, Yahya. 2016. RTV Angkat Kembali Produk Sinetron Bermutu Persari, (Online), (m.fokuskini.com/web/read/2168/rtv.angkat.kembali,produk.sinetron.bermutu.persari), diakses 21 Maret 2017.




DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v3i1.7029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Indriati Alisa Prisiwati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: