MAKNA KONTEKSTUAL MEME HUMOR PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM FANSPAGE MEME COMIC INDONESIA (MCI) EDISI JANUARI-FEBRUARI

Farah Adiba

Abstract


Bahasa memiliki fungsi sebagai alat komunikasi yang baik agar tercapai maksud dan tujuan yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna kontekstual. Konteks situasi yang meliputi. 1) medan wacana 2) pelibat wacana serta 3) sarana wacana yang terdapat pada Meme Humor. Khususnya, dalam fanspage Meme Comic Indonesia. pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa teks dan gambar, sumber data dalam penelitian ini media sosial yang berbentuk aplikasi yaitu Instagram. Khususnya, fanspage  Meme Comic Indonesia. teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan teknik catat. Hasil analisis penelitian konteks situasi yang pertama. Yakni medan wacana unsur aktivitas sosial dan latar, baik latar tempat, waktu, dan suasana. Aktivitas yang merujuk pada sesuatu yang sedang terjadi, hal ini ditemukan adanya tiga puluh lima Meme yang memiliki unsur aktivitas sosial. Latar merujuk pada tempat terjadinya, baik latar tempat, waktu, dan suasana. Hal ini ditemukan tiga puluh empat Meme. Tataran konteks situasi yang kedua. Yakni pelibat wacana yang mencakup peran sosial, situasi sosial, dan jarak sosial. Hal ini seluruh Meme yang dianalisis memiliki unsur pelibat wacana. Tataram konteks situasi terakhir yakni sarana wacana yang mencakup unsur peran bahasa, tipe interaksi, medium, saluran, dan modus retoris. Seluruh Meme yang dianalisis memiliki unsur sarana wacana.

Keywords


Konteks Situasi; Meme Comic Indonesia; Instagram

References


Adi, Nugroho. 2004. Konsep Pengembangan System Basis Data Informatika. Bandung.

Ayu, I Gusti, dkk. Jenis, Bentuk, dan Fungsi Tindak Tutur Meme Comic Pada Facebook. e-Jurnal Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha. Vol: 5 No. 3. 2016. (diakses 21 April 2017).

Budiargo, Dian. 2015. Berkomunikasi ala Net Generation. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kompas Gramedia.

Chaer, Abdul. 2007. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

__________. 2005. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Daniel H. Purwadi. 1995. Belajar Sendiri Mengenal Internet Jaringan Informasi. Jakarta: Alex Media Komputindo.

Dawkins, Richard. 1976. The Selfish Gene. UK. Oxford University Press. Djajasu arma, Fatimah, 2012. Semantik 1 Makna Leksikal dan Gramatikal. Bandung: Retika Aditama.

Hasan, Halliday. 1992. Bahasa dan Konteks. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Humairoh. 2015. Ketepatan Terjemahan Kitab Al-Hikam (Analisis Makna Kontekstual). Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kemal, Ishtifa. Makna Kontekstual Bahasa Iklan Rokok Di Televisi. Jurnal Bahasa. Vol. IV Nomor 1 Januari-Juni 2013. (diakses 11 Arpil 2017).

Mahsun. 2014. Metode Penelitian Bahasa. Bandung Rajawali Pers.

Memecomicindonesia. Tesedia pada ig: memecomicindonesia (MCI). http://mobile.instagram.com/memecomicindonesia Error! Hyperlink reference not valid. Februari 2017

Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Muslim, Akbar. 2016. Analisis Isi Pesan Permasalahan Sosial Dalam Internet Meme. Skripsi. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nugraha, Aditya, dkk. Fenomena Meme di Media Sosial: Studi Etnografi Virtual Postingan Meme Pada Pengguna Media Sosial Instagram. Jurnal Sosioteknologi, Vol 14-No 3, Desmber 2015. Diakses 30 November 2016 Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabetha.

Pateda, Mansur. 2010.Semantik Leksikal. Jakarta: Rineka Cipta.

Sa’adah. 2011. Analisis Semantik Kontekstual Atas Penerjemahan Kata Arah Serapan (Studi Kasus Fitnah, Hikmah, dan Amanah) Dalam al-Qur’an dan Maknanya Karya M. Quraish Shihab. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Diakses 30 November 2016.

Salbino, Sherif. 2004. Buku Pintar Gadget Android untuk Pemula: untuk Pemula. Jakarta: Kunci Komunikasi.

Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabetha.




DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v3i1.7025

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Farah Adiba

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: