GANGGUAN BERBAHASA TOKOH ABANG DALAM FILM RECTOVERSO “MALAIKAT JUGA TAHU” (KAJIAN PSIKOLINGUISTIK)

Nia Ifatul Mufidah, Mixghan Norman Antono

Abstract


Diistilahkan spektrum autisme atau Autisme Spectrum Disorder (ASD) karena terdapat variasi yang sangat beragam antar penyandangnya. Masing-masing memiliki kemampuan, sintoma dan kesulitan yang unik baik dalam keterampilan sosial, berkomunikasi dan berperilaku. Penelitian ini dilakukan dengan menyimak dan kemudian mencatat hal penting yang berhubungan dengan gangguan berbahasa yang akan diteliti yakni mengenai autisme dalam film Rectoverso “Malaikat Juga Tahu”. Dapat diketahui bahwa dalam film Rectoverso “Malaikat Juga Tahu” berkisah tentang Abang yang memiliki keterbatasan mental yang mempunyai kebiasaan menyusun sabun menyerupai piramida sampai jumlahnya seratus dan dia selalu menjadwal warna baju yang mau dia cuci berdasarkan hari. Dia belum bisa berkomunikasi verbal dengan benar. Hanya mampu mengujarkan bahasa yang biasa dipakai sebagai penunjang kegiatan rutinitasnya. Dia berusia 38 tahun namun dalam dirinya bersemayam mental anak usia empat tahun. Segala aspek komunikasi sulit dicapai penyandang autisme, kecuali aspek fonologis yang sebagian penyandang tetap dapat dikuasai. Perkembangan keterampilan bahasanya tidak saja mengalami keterlambatan tetapi juga penyimpangan.


Keywords


gangguan berbahasa; autism; psikolinguistik

References


Dardjowidjojo, Soenjono. 2003. Psikolinguistik. Jakarta:Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Djajasudarma, T. Fatimah. 1993. Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: Eresco.

Erviana, Yurita. 2017. Strategi Guru dalam Menangani Gangguan Berbahasa Khusus serta Implikasinya terhadap Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. (Online).Tesis UIN Sunan Kalijaga. Di akses pada 21 Desember 2018. Tersedia dihttp://digilib.uin-suka.ac.id/27898/1/ 1520431009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf.

Ferawati, 2017. Gangguan Berbahasa Arab Bagi Anak Autis dan Alguran sebagai Terapi Pengobatan. (Online). Jurnal Ahmad Dahlan Yogyakarta. Di akses pada 21 Desember 2018. Tersedia di http://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/annabighoh/article/download/1000/849/

Indah, Rohmani Nur. 2017. Gangguan Berbahasa Kajian Pengantar. (Online) Ebook. Malang: UIN-Maliki Press.

Kuta, Naf Siehul. 2015. Metode Langsung (Direct Method) Terhadap Pembelajaran Makna Kata Pada Anak Autis. (Online). Jurnal Pendidikan Khusus UNESA. Di akses pada 21 Desember 2018. Tersedia di http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/ index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/13604.




DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v4i2.6133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nia Ifatul Mufidah, Mixghan Norman Antono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: