APLIKASI ANDROID ‘SMART TECHNICAL ENGLISH’ UNTUK MENINGKATKAN KEAHLIAN BAHASA INGGRIS MAHASISWA VOKASI
Abstract
Di era global saat ini lulusan politeknik harus bersaing semakin ketat dengan semakin banyak pekerja asing yang memiliki kemampuan komunikasi yang unggul. Agar lebih unggul, lulusan politeknik wajib menguasai bahasa asing internasional yaitu Bahasa Inggris sebagai persiapan mereka memasuki dunia kerja. Namun pada kenyataannya, skill Bahasa Inggris yang dimiliki oleh mahasiswa politeknik masih kurang, terutama dalam keterampilan berbicara (speaking) dan menulis (writing). Beberapa faktor yang berpengaruh dalam peningkatan kemampuan Bahasa Inggris di pendidikan vokasi adalah metode pembelajaran yang interaktif dan penggunaan teknologi yang tepat untuk memotivasi mahasiswa dalam belajar Bahasa Inggris. Oleh karena itu peneliti ingin mengembangkan aplikasi ‘Technical English’ berbasis Android yang telah ada dengan menambahkan fitur listening, writing dan toeic-based quiz untuk mendukung pembelajaran Bahasa Inggris Teknik di politeknik. Aplikasi ini diharapkan akan menjadi media pembelajaran yang dapat meningkatkan speaking, writing, dan listening skill mahasiswa dalam berkomunikasi menggunakan istilah-istilah di bidang Teknik. Materi Bahasa Inggris Teknik dalam aplikasi ini juga didukung oleh visual gambar yang menarik dan menunya disesuaikan dengan setiap Program Studi. Sehingga, dengan aplikasi ini mahasiswa diarahkan agar lebih termotivasi dalam belajar Bahasa Inggris diluar kelas seperti halnya ketertarikan mereka terhadap permainan atau games online. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yaitu mengembangkan aplikasi ‘Technical English’ berbasis Android untuk memudahkan mahasiswa dalam belajar Bahasa Inggris Teknik. Software yang digunakan penelitian ini adalah React Native dan metode pengembangannya menggunakan model System Development Life Cycle (SDLC) dengan pendekatan Waterfall.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Harmer, Jeremy, 2001, The Practice in Language Teaching. 3rd ed. UK: PearsonEducation.
Riduwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung : Alfabeta.
Sommerville, Ian. 2003. Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak). Jakarta: Erlangga.
Utomo, Junaidi., April 2001. Dampak Internet Terhadap Pendidikan : Transformasi atau Evolusi. Seminar Nasional Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Nugroho,A. (2005). “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Berorientasi Objek”. Informatika.
Pujadi, Arko. 2007. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa: Studi Kasus Pada Fakultas Ekonomi. Universitas Bunda Mulia, Bussines and Management Jurnal Bunda Mulia: Vol. 3, No. 2 September 2007.
Yusri, I. K., Robert, G., and Carl, M. 2014. Teachers and mobile learning perception: towards a conceptual model of mobile learning for. Prosedia Social and Behavioral Sciences, 176, 425 – 430
DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v4i2.6129
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Dian Asa Utari, Miftachudin Miftachudin, Muhammad Khoirul Hasin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.