ANALISIS KEBAHASAAN TEKS EDITORIAL PADA HARIAN PIKIRAN RAKYAT EDISI 2017 SEBAGAI PENGEMBANGAN MATERI AJAR TEKS EDITORIAL SMA KELAS XII

Tusmawati Ningsih, Mira Nuryanti, Diki Mutaqin

Abstract


Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 menekankan pada pembelajaran berbasis teks dan pembelajaran literasi. Berkaitan dengan hal tersebut, peserta didik dihadapkan pada salah satu kegiatan pembelajaran, yaitu kegiatan menganalisis teks. kegiatan menganalisis teks merupakan salah satu kegiatan membaca sehingga peserta didik diharapkan mampu membedakan ciri-ciri yang ada pada setiap teks, terutama ciri kebahasaan teks. Dengan cara demikian, peserta didik diharapkan dapat mengenali suatu teks dengan mudah, tepat, dapat mereproduksi, mengkreasikannya secara benar dan menarik. Rumusan masalah: bagaimana ciri kebahasaan teks editorial pada harian Pikiran Rakyat edisi 2017? Dan bagaimana pengembangan materi ajar berdasarkan hasil analisis kebahasaan teks editorial pada harian Pikiran Rakyat edisi 2017?Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ciri kebahasaan teks editorial pada harian Pikiran Rakyat edisi 2017 dan menjelaskan bagaimana pengembangan materi ajar berdasarkan hasil analisis kebahasaan teks editorial harian Pikiran Rakyat edisi 2017. Subjek penelitian ini adalah teks editorial yang diambil dari surat kabar harian Pikiran Rakyat edisi April 2017. Penelitian yang dilaksanakan menggunakan model penelitian kualitatif dengan desain Teori Dasar (grounded theory). Cara pengambilan data dalam penelitian ini dengan mengumpulkan data dokumentasi teks editorial pada harian Pikiran Rakyat edisi April 2017, dan validasi pengembangan materi ajar teks editorial SMA kelas XII. Data yang terkumpul, dianalisis dengan strategi Koding dan perhitungan kevaliditasan pengembangan materi ajar. Hasil penelitian menyatakan bahwa ciri kebahasaan teks editorial terdiri dari ungkapan-ungkapan retoris, kata-kata populer, ragam konjungsi, dan kata ganti/pronomina (persona dan penunjuk). Selanjutnya, hasil validasi terhadap pengembangan materi ajar teks editorial SMA kelas XII adalah 86,11 % yang artinya sangat valid atau layak/dapat digunakan tanpa ada revisi.

Keywords


Analisis Kebahasaan; Teks Editorial; Pengembangan Materi Ajar

References


Akbar, Sa’dun. 2016. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Daryanto dan Dwicahyono. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran: Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar. Yogyakarta: Gava Media.

Gunawan, Imam. 2015. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kemendikbud. 2016. Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (Sma/Ma/Smk/Mak) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Wajib. Jakarta: Kemendikbud.

Kosasih, E. 2016. Jenis-jenis Teks Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya.

Rahman, Muhammad dan Amri, Sofan. (2013). Strategi dan desain pengembangan sistem pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung : Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v4i1.6121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Tusmawati Ningsih, Mira Nuryanti, Diki Mutaqin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: