Pengaruh Buku Ajar Bermuatan Kearifan Lokal Belu untuk Pembelajaran Teks Deskripsi pada Siswa Kelas 7 SMP

Giri Indra Kharisma, Iswan Afandi

Abstract


Buku ajar bermuatan kearifan lokal Kabupaten Belu, Provinsi NTT, dirasa efektif digunakan dalam pembelajaran teks deskripsi di SMP. Hal tersebut disebabkan materi yang disajikan pada buku tersebut relevan dan dekat dengan lingkungan siswa serta bertujuan untuk melestarikan kearifan lokal yang ada di wilayah perbatasan NKRI-Timor Leste. Ditambah lagi buku tersebut disusun dengan pendekatan CLIL (content language integrated learning) dan pedagogi genre guna menambah pengalaman belajar yang bermakna dan terarah bagi siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh buku ajar bermuatan kearifan lokal Belu untuk pembelajaran teks deskripsi pada siswa kelas 7 SMP. Metode yang dipilih dalam penelitian ini yakni metode eksperimen semu dengan jenis rancangan berupa pretest-postest kelompok tunggal. Subjek dalam penelitian ini yakni siswa kelas

VII SMP IL Kapten Fatuba’a yang berjumlah 24 Siswa. Adapun data penelitian ini berupa hasil kemampuan siswa yakni: 1) mengidentifikasi informasi teks deskripsi; 2) menyimpulkan teks deskripsi; 3) menelaah struktur dan ciri kebahasaan teks deskripsi; dan 4) menyusun teks deskripsi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat peningkatan dari nilai posttest terhadap nilai rerata pretest berdasarkan keempat kompetensi dasar (KD) yang diajarkan. Peningkatan tersebut diperoleh setelah adanya perlakuan dari penggunakan buku ajar bermuatan kearifan lokal Belu.


Keywords


Teks Deskripsi, Buku Ajar, Kearifan Lokal, Kabupaten Belu

References


Arvianto, F., & Kharisma, G. I. (2021). Budaya dan kearifan lokal kerajaan insana di dataran timor. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 10(1), 117-137.

Kharisma, G. I., & Imaniah Kusuma Rahayu, M. P. 2020. JELAJAHI BATAS NEGERI DENGAN DESKRIPSI: Buku Penunjang Bahasa Indonesia Teks Deskripsi untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII. LPPM Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng Banyuwangi.

Kharisma, G. I., & Talan, M. R. (2023). MENUMBUHKAN NILAI-NILAI BUDAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS KEARIFAN LOKAL:

Cultivating Cultural Values through the Indonesian Language Learning Model Based on Local Wisdom. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1),

-66.

Lestari, N. D. (2018). Pembelajaran Autentik dalam Menulis Teks Deskripsi. Efektor. https://doi.org/10.29407/e.v5i2.12079

Lestariningsih, N., & Suardiman, S. P. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik-Integratif Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Karakter Peduli dan Tanggung Jawab.

Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15503

Maria Nova, M., & Sumadi, S. (2017). Karakteristik Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP. BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya. https://doi.org/10.17977/um032v1i22017p001

Nadatul Aisyi, A., Muti’ah, A., & Edi Pornomo, B. (2018). Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Berbasis Kitab Safinatun Najah di Lingkungan Pesantren. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya. https://doi.org/10.26858/retorika.v11i2.6213

Perwitasari, S., Wahjoedi, & Akbar, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan.

Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013.

Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Priyatni, E. T., & Wahono, A. S. (2012). Model Penyusunan Bahan Ajar Membaca Berbasis Pendidikan Multikultural dan E-Learning. Litera.

Raharjo, S. B. (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia.

Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i3.456

Sarjono Owon, R. A. (2017). Pengembangan BahaniAjar Menulis Berbagai Jenis Teks Bertema Kearifan Lokal Sikka Bagi Siswa SMP. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran). https://doi.org/10.22219/jinop.v3i1.4318

Subadiyono, S., Supriyadi, S., Erlina, E., Petrus, I., & Gadeng, R. (2017). Pengembangan Buku Teks Membaca Kritis. BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra. https://doi.org/10.21009/bahtera.161.05




DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v10i1.29727

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Giri Indra Kharisma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: