Pengaruh Buku Ajar Bermuatan Kearifan Lokal Belu untuk Pembelajaran Teks Deskripsi pada Siswa Kelas 7 SMP
Abstract
Buku ajar bermuatan kearifan lokal Kabupaten Belu, Provinsi NTT, dirasa efektif digunakan dalam pembelajaran teks deskripsi di SMP. Hal tersebut disebabkan materi yang disajikan pada buku tersebut relevan dan dekat dengan lingkungan siswa serta bertujuan untuk melestarikan kearifan lokal yang ada di wilayah perbatasan NKRI-Timor Leste. Ditambah lagi buku tersebut disusun dengan pendekatan CLIL (content language integrated learning) dan pedagogi genre guna menambah pengalaman belajar yang bermakna dan terarah bagi siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh buku ajar bermuatan kearifan lokal Belu untuk pembelajaran teks deskripsi pada siswa kelas 7 SMP. Metode yang dipilih dalam penelitian ini yakni metode eksperimen semu dengan jenis rancangan berupa pretest-postest kelompok tunggal. Subjek dalam penelitian ini yakni siswa kelas
VII SMP IL Kapten Fatuba’a yang berjumlah 24 Siswa. Adapun data penelitian ini berupa hasil kemampuan siswa yakni: 1) mengidentifikasi informasi teks deskripsi; 2) menyimpulkan teks deskripsi; 3) menelaah struktur dan ciri kebahasaan teks deskripsi; dan 4) menyusun teks deskripsi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat peningkatan dari nilai posttest terhadap nilai rerata pretest berdasarkan keempat kompetensi dasar (KD) yang diajarkan. Peningkatan tersebut diperoleh setelah adanya perlakuan dari penggunakan buku ajar bermuatan kearifan lokal Belu.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arvianto, F., & Kharisma, G. I. (2021). Budaya dan kearifan lokal kerajaan insana di dataran timor. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 10(1), 117-137.
Kharisma, G. I., & Imaniah Kusuma Rahayu, M. P. 2020. JELAJAHI BATAS NEGERI DENGAN DESKRIPSI: Buku Penunjang Bahasa Indonesia Teks Deskripsi untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII. LPPM Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng Banyuwangi.
Kharisma, G. I., & Talan, M. R. (2023). MENUMBUHKAN NILAI-NILAI BUDAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS KEARIFAN LOKAL:
Cultivating Cultural Values through the Indonesian Language Learning Model Based on Local Wisdom. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1),
-66.
Lestari, N. D. (2018). Pembelajaran Autentik dalam Menulis Teks Deskripsi. Efektor. https://doi.org/10.29407/e.v5i2.12079
Lestariningsih, N., & Suardiman, S. P. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik-Integratif Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Karakter Peduli dan Tanggung Jawab.
Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15503
Maria Nova, M., & Sumadi, S. (2017). Karakteristik Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP. BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya. https://doi.org/10.17977/um032v1i22017p001
Nadatul Aisyi, A., Muti’ah, A., & Edi Pornomo, B. (2018). Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Berbasis Kitab Safinatun Najah di Lingkungan Pesantren. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya. https://doi.org/10.26858/retorika.v11i2.6213
Perwitasari, S., Wahjoedi, & Akbar, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan.
Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013.
Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Priyatni, E. T., & Wahono, A. S. (2012). Model Penyusunan Bahan Ajar Membaca Berbasis Pendidikan Multikultural dan E-Learning. Litera.
Raharjo, S. B. (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia.
Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i3.456
Sarjono Owon, R. A. (2017). Pengembangan BahaniAjar Menulis Berbagai Jenis Teks Bertema Kearifan Lokal Sikka Bagi Siswa SMP. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran). https://doi.org/10.22219/jinop.v3i1.4318
Subadiyono, S., Supriyadi, S., Erlina, E., Petrus, I., & Gadeng, R. (2017). Pengembangan Buku Teks Membaca Kritis. BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra. https://doi.org/10.21009/bahtera.161.05
DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v10i1.29727
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Giri Indra Kharisma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.