Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan dalam Menulis Cerita Fabel pada Siswa Kelas VII SMP NU Tebat Jaya

Sugiarti Sugiarti, Mardiyah Hayati, Sulistina Akhodiyah

Abstract


Sekarang sudah dunia digital yang membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah dan menarik sehingga kegiatan pengenalanan tanda baca tulis menjadi lebih mudah sehingga dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui pemahaman siswa dalam  penggunaan ejaan pada penulisan cerita fable. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan penggunaan ejaan dalam menulis cerita fabel pada siswa kelas VII SMP NU Tebat Jaya. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan kesalahan ejaan yang terdapat dalam tulisan siswa. Data dikumpulkan dari cerita fabel yang ditulis oleh siswa, kemudian dianalisis untuk menemukan kesalahan ejaan, seperti penggunaan huruf kapital, tanda baca, kata baku, dan pemisahan kata. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kesalahan paling sering terjadi adalah kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesalahan ejaan yang sering ditemukan meliputi penggunaan huruf kapital yang tidak sesuai, salah penulisan kata baku, serta kesalahan dalam penempatan tanda baca. Sebagai contoh, banyak siswa yang tidak menggunakan huruf kapital di awal kalimat atau nama diri, serta menulis kata "di" dan "ke" sebagai kata depan yang sering kali salah digabungkan dengan kata yang mengikutinya. Selain itu, tanda baca seperti koma dan titik seringkali ditempatkan tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. 


Keywords


Ejaan; Menulis; Cerita Fabel

References


Adi, s. M., aulia, g. y., saraswati, l. d. & udiono. 2017. “Gambaran Status Anemia Pada Remaja Putri Di Wilayah Pegunungan Dan Pesisir Pantai.” . jurnal kesehatan masyarakaT 5.

Az Zahra, K., & Sudiana. 2022. “Pengaruh Digital Literacy Dan Digital Capability Terhadap Personal Innovativeness Pada Mahasiswa Tingkat.” Jurnal Health Sains 3.

Endraswara. 2013. Metodologi Penelitian Psikologi Sastra. Yogyakarta: MedPress (Anggota IKAPI).

Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group.

Pristiwanti, Desi. 2022. “Pengertian Pendidikan.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4.

Rahman, Abd et al. 2022. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2(1): 1–8.

Rosidi, ML. 2023. “Kamus Besar Bahasa Indonesia.” In online.

Sriyanto, D., Astuti, P., dan Sujalu, A.P. 2015. “Pengaruh Dosis Pupuk Kandang Sapi Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Terung Ungu Dan Terung Hijau (Solanum Melongena L.).” Jurnal Agrifor 14.

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, E. S., & Nova, T. 2019. “ANALISIS WHISTLEBLOWING SYSTEM DAN KOMPETENSI APARATUR TERHADAP PENCEGAHAN FRAUD (Studi Empiris Pada Satuan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Bengkalis). I.” Jurnal Inovasi Bisnis 6.




DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v9i2.26452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sugiarti Sugiarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: