Pengembangan Modul Digital Bahasa Indonesia dengan Pendekatan CIRC untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa SMP di Kabupaten Bangkalan

Naelur Rohmah, Ris Yuwono Yudo Nugroho

Abstract


Keterampilan membaca merupakan permasalahan nasional yang perlu menjadi perhatian oleh pemerintah Indonesia. Realitanya kegiatan membaca menjadi salah satu keterampilan berbahasa yang tidak bisa diabaikan oleh peserta didik. Hasil riset UNESCO menyebut Indonesia memiliki indeks membaca 0,001. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Program for International Student Assessment (PISA) tahun 2019 bahwa minat baca masyarakat Indonesia sangat rendah. Indonesia menduduki urutan ke 62 dari 70 negara. Modul digital dapat  menjadi media untuk membantu meningkatkan keterampilan membaca siswa. Selain itu pembelaran yang terbukti dapat menumbuhkan keterampilan membaca adalah pendekatan Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap modul digital dengan pendekatan CIRC untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa SMP di daerah Bangkalan. Penelitian    ini merupakan penelitian Research and Development (RnD). Metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektipan produk tersebut. Adapun tahapan penelitian ini menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa SMPN 1 Kwanyar di kabupaten Bangkalan yang mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia. Data penelitian diperoleh melalui instrumen angket respon siswa. Adapun data sebanyak 27 siswa di SMPN 1 Kwanyar dengan skor minimal 1 dan skor maksimal 4 yaitu tampilan modul diperoleh 74% dengan kategori layak, kemudahan penguasaan konsep 68% dengan kategori layak, sedangkan keterbacaan modul sebanyak 82% dengan kategori sangat layak. Oleh karena itu modul digital dengan pendekatan CIRC layak untuk digunakan dalam keterampilan membaca.


Keywords


keterampilan membaca; modul digital; pendekatan CIRC; model ADDIE

References


Sari EI, Wiarsih C, Bramasta D. Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Peserta Didik di Kelas IV Sekolah Dasar. Educatio. 2021;7(1).

Wibowo DP. Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Strategi PQ4R dengan Media Visual pada Siswa Kelas V SDN Purwoyoso 3 Kabupaten Semarang. Universitas Negeri Semarang; 2013.

Syahri R, Sumanti ST. Analisis Keterampilan Membaca Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 17 Bilah Barat. Islam Educ. 2023;3(1):1–7.

Somadayo. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu; 2011.

Abidin. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama; 2012.

Rahim F. Pengajaran membaca di sekolah dasar. Jakarta: Bumi Aksara; 2011.

Ameliah R. Hubungan Antara Minat Baca dengan Keterampilan Membaca Pemahaman Bagi Siswa Kelas V MI Darul Istiqomah Kecamata Pattalassang Kabupaten Gowa. UIN Alaudin Makasar; 2016.

Putri DL. Hubungan Minat Baca Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas V SD Negeri 2 Rawa Laut Bandar lampung. UIN Raden Intan Lampung; 2019.

Retno H. Miris, Minat Baca di Indonesia Menurut UNESCO hanya 0,001 persen. Portal Bandung [Internet]. 2021; Available from: https://portalbandungtimur.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-941922838/miris-minat-baca-di-indonesia-menurut-unesco-hanya-0001-persen.

Hasibuan AN dan RNR. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Model CIRC Cooperative Integrated Reading Composition) di Kelas IV SD Negeri 112331 Aek Kota Batu. Eunoia. 2021;1(1).

Rahmadhani P dan YFS. Penerapan Metode CIRC untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Edumaspul. 2022;6(1).

Delvin, D., Djuanda, D., & Hanifah N. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Berbantuan Media Puzzle Kalimat Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Dalam Menentukan Pikiran Pokok. J Pena Ilm. 2017;1(1):9–100.

Febriyanto B. No TitleEfektivitas Model Pembelajaran Cooperatif Integreated Reading And Compotition dalam Keterampilan Menulis Paragraf Narasi Siwa Sekolah Dasar. J Tunas Bangsa. 2018;5(2):90–102.

Rif’ati. Developing of Electronic Teaching Material Based on Mobile Learning in The Wave Subjects. J Pendidik Bhs Indones. 2015;11(2):65–76.

Syahputri I. Pengembangan E-Modul Membaca Siswa Kelas 3 SDN 029 Pekan Baru. J Pendidikan, Sos dan Agama. 2021;13(2):671–86.

Saputro SD, Tukiran, Supardi ZAI. Practicality and problem analysis application of clarity learning model in physics course. In: Proceeding of International Summit on Education, Technology, and Humanity 2021. AIP Publishing; 2023. p. 020057.




DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v9i1.25659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Naelur Rohmah, Ris Yuwono Yudo Nugroho

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: