Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa Melalui Permainan Edukasi Berbasis Bookwidgets Bermuatan Kearifan Lokal

Mega Puspitasari, Ayyu Subhi Farahiba

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis siswa pada materi teks laporan hasil observasi melalui permainan edukasi berbasis bookwidgest bermuatan kearifan lokal Madura. Jenis penelitian adalah penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Subjek penelitian berjumlah 27 siswa kelas X MA Mambaul Ulum 2 Pamekasan. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I rata-rata nilai siswa sebesar 78,25 dan siklus II sebesar 83,14 terdapat peningkatan sebesar 4,89. Hasil peningkatan nilai siswa menunjukkan bahwa permainan edukasi berbasis bookwidgest bermuatan kearifan lokal Madura dapat meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi.


Keywords


Keterampilan Menulis; Permainan Edukasi; Bookwidgest; Kearifan Lokal

References


Amalia, D & Napitupulu, S. 2022. Pengembangan Media Puzzle Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SD 101899 Lubuk Pakam. Edu Global: Jurnal Penelitian Pendidikan. 01 (2). 120-130.

Aziz, M. F & Alfurqan. 2023. Penggunaan Media Teka Teki Silang (TTS) dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai. 7 (3).

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. 2013. The action research planner: Doing critical participatory action research. Springer Science & Business Media.

Khardi, Syarifuddin. 2017. Pengelolaan Pembelajaran Menghafal Ayat Al-Qur’an Secara Cepat Dengan Strategi Permainan Crossword Puzzle. Tarbawi. 3 (2).

Mardhiyatunnuha, A. Amin, N. F. & Ibrahim, U. F. 2023. Penerapan Media Teka-Teki Silang Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas X IPS 4 MAN 1 Kota Makassar. ULIL ALBAB:Jurnal Ilmiah Multidisiplin. 2 (8).

Melero, J., Leo, H., & Davinia. 2014. A Model for the Design of Puzzle-Based Games Including Virtual and Physical Objects. International Forum of Educational Technology & Society. 17(3), 192—207.

Murtiyastuti, K. Y. 2022. Pengaruh Media Powtoon dalam Pembelajaran Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMPN1 Krembung. JELS: Journal of Education and Learning Sciences. 2 (2).

Sa’diyah, Ilmatus. 2022. Permainan Edukasi untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Teks Laporan Hasil Observasi. SANDIBASA 1 (Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 1). ISBN 978-623-88045-0-4.

Tantikasari B, Mudzanatun & Kiswoyo. 2017. Keefektifan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Melalui Media Puzzle Gambar Seri Terhadap Siswa Kelas IV Semester 2 SD Negeri Jiken 05 Blora. Dinamika Pendidikan. 1-15.

Yulia, Wiwin. 2017. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi dengan Menggunakan Metode Field Trip. Jurnal DIKSATRASIA. 1 (2).




DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v9i1.25344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mega Puspitasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: