Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Melalui Model Problem Based Learning dan Media Gambar

Nikmah Nikmah, Yessi Fitriani, Puspa Indah Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks berita dengan model problem based learning dan media gambar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjung Batu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus memiliki tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Waktu penelitian dimulai bulan Juli 2023 sampai dengan Agustus 2023. Objek penelitian adalah siswa kelas VIII.3 SMP Negeri 1Tanjung Batu dengan jumlah 32 siswa. Dalam melakukan pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model problem based learning dan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII.3 SMP Negeri 1 Tanjung Batu dengan hasil yang dicapai pada siklus 1 rata-rata 70,13 dengan tingkat ketuntasan sebesar 43,8% dari 32 siswa, Sedangkan pada siklus 2, terjadi peningkatan nilai rata-rata menjadi 79,43 dan tingkat ketuntasan belajarnya mencapai 87,5% dari 32 siswa. Artinya terjadi peningkatan sebesar 50%.


Keywords


media gambar; problem based learning; teks berita



DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v9i1.24950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nikmah Nikmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: