Pendampingan Sekolah Moderasi Remaja melalui Pembinaan Literasi dan Puisi Moderasi Beragama Madrasah Aliyah sebagai Kontraradikalisme

Zaidatul Arifah, Luluk Ifadah, Lutvia Rizki Andini

Abstract


Tujuan pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui problematika pemahaman moderasi beragama pada anggota komunitas Sekolah Moderasi Remaja Madrasah Aliyah Temanggung, mengetahui strategi mengembangkan literasi puisi Moderasi Beragama pada komunitas Sekolah Moderasi Remaja Madrasah Aliyah sebagai antisipasi paham radikalisme di Temanggung, dan mengetahui hasil yang diperoleh dari pengembangan literasi dan puisi Moderasi Beragama pada komunitas Sekolah Moderasi Remaja Madrasah Aliyah sebagai antisipasi paham radikalismedi Temanggung. Pangabdian menggunakan metode Asset Based Communities Development (ABCD). Hasil pengabdian ini adalah pertama, terdapat tiga sebab yang menjadi problematika pemahaman moderasi beragama pada anggota komunitas Sekolah Moderasi Remaja Madrasah Aliyah Temanggung. Problem tersebut diantaranya sikap fanatisme agama dari diri  remaja yang bersumber dari pola pendidikan agama didalam keluarga maupun Masyarakat, usia remaja yang merupakan usia mencari jati diri, rentan masuknya radikalisme agama, dan masuknya faham-faham fanatisme agama kepada remaja yang diperoleh melalui media soial dan konten digital yang kurang bisa dipertanggungjawabkan yang berasal unsur-unsur kelompok tertentu sehingga sulit membendungnya. Kedua, terdapat tiga strategi dalam pengembangan literasi dan puisi Moderasi beragama pada komunitas Sekolah Moderasi Remaja Madrasah Aliyah sebagai antisipasi paham radikalisme di Temanggung. Yaitu melalui pelatihan-pelatihan, praktik langsung, dan publikasi karya sebagai media dakwah moderasi beragama melalui literasi. Ketiga yaitu terdapat hasil yang yang diperoleh dari pendampingan literasi dan puisi Moderasi beragama pada komunitas sekolah Moderasi remaja  madrasah Aliyah sebagai antisipasi paham radikalisme di Temanggung, yaitu meningkatnya kapasitas anggota Sekolah Moderasi Remaja dalam bidang moderasi beragama melalui puisi, meningkatnya kompetensi Karya puisi bertema moderasi beragama yang dibukukan dan publikasi secara online, dan meningkatnya pemahaman terhadap anggota Sekolah Moderasi Remaja bahwa literasi puisi dapat dijadikan sebagai media dakwah sebagai upaya mencegah radikalisme agama.

Keywords


moderasi beragama; literasi; puisi; sekolah moderasi remaja

References


Afandi, A. (2022). Metodologi pengabdian masyarakat. Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan ….

An Nadhrah, N. K. (2023). Moderasi beragama menurut Yusuf Qardhawi Quraish Shihab dan Salman Al Farisi. Living Islam, 6(1), 123–140.

Aziz, A. A., Masykhur, A., Anam, A. K., Muhtarom, A., Masudi, I., & Duryat, M. (2019). Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pendidika Islam.

Baharudin, P., Zakarias, J. D., & Lumintang, J. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kenakalan remaja (suatu studi di kelurahan kombos barat kecamatan singkil kota Manado). HOLISTIK, Journal Of Social and Culture.

Darmawati, B. (2017). Menggugah Identitas Kebangsaan Melalui Puisi. JENTERA: Jurnal Kajian Sastra, 6(1), 42–63.

Didipu, I. (2021). Pelangi Literasi Madrasah. Haura Utama.

Dio Ai Lien, D. (2020). Literasi Informasi: 7 Langkah Knowlwdge Management. Penerbit Universitas Katolik Atma Jaya.

Fauzian, R., Ramdani, P., & Yudiyanto, M. (2021). Penguatan Moderasi Beragama Berbasis Kearifan Lokal Dalam Upaya Membentuk Sikap Moderat Siswa Madrasah: Moderasi Beragama. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 6(1), 1–14.

Isnaini, H., & Herliani, Y. (2020). Penyuluhan pembelajaran menulis puisi berbasis karakter di SMK profita kota bandung tahun ajaran 2019-2020. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 78–83.

Kadir, H. (2010). Analisis Struktur Puisi" Kita Adalah Pemilik Syah Republik Ini" Karya Taufik Ismail. Jurnal Inovasi, 7(02).

Lafamane, F. (2020). Karya sastra (puisi, prosa, drama).

Muhtarom, A., Mardiyanto, V., & Rosyadi, S. (2023). Pemberdayaan Tokoh Masyarakat dan Pemuka Agama Dalam Implementasi Pembelajaran Moderasi Beragama Melalui Laman Kepustakaan Keagamaan di Kota Serang. Manhaj: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 12(1), 21–39.

Nurdin, F. (2021). Moderasi Beragama menurut Al-Qur’an dan Hadist. Jurnal Ilmiah Al-Mu Ashirah: Media Kajian Al-Qur’an Dan Al-Hadits Multi Perspektif, 18(1), 59–70.

Prakosa, P. (2022). Moderasi Beragama: Praksis Kerukunan Antar Umat Beragama. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 4(1), 45–55.

Sari, I. F. R. (2018). Konsep dasar gerakan literasi sekolah pada permendikbud nomor 23 tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), 89–100.

Susilawaty, A., Tasruddin, R., Ahmad, D., & Salenda, K. (2016). Panduan Riset Berbasis Komunitas (Community Based Research). Penerbit Nur Khairunnisa. Jalan Perintis Kemerdekaan KM, 9.

Sutrianto, S., Rahmawan, N., Hadi, S., & Fitriono, H. (2016). Panduan gerakan literasi sekolah di sekolah menengah atas. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Umar, N. (2014). Islam fungsional: revitalisasi dan reaktualisasi nilai-nilai keislaman. Jakarta: Gramedia.

Widhayat, W., & Jatiningsih, O. (2018). Sikap Toleransi Antarumat Beragama Pada Sma Muhammadiyah 4 Porong. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 6(2).

Yulianto, R. (2020). Implementasi budaya madrasah dalam membangun sikap moderasi beragama. Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 111–123.

Zakaria, M. H. (2021). Pengembangan Pendidikan Moderasi Beragama di Kalangan Remaja. Tasik: Institut Agama Islam Cipasung (IAIC) Tasikmalaya.




DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v9i1.24089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 zaidatul arifah arifah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: