Sikap Tokoh dalam Novel Angin Bersyair Karya Andrei Aksana: Kajian Apraisal J.R. Martin & Rose

Serli Sari, Mahmudah Mahmudah, Faisal Faisal

Abstract


Karya sastra lazimnya berkaitan dengan kesusatsraan, namun tak jarang juga ilmu linguistik mengambil peran dalam membedah karya sastra, hal tersebut dapat dilakukan dengan kajian apraisal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mendeskripsikan sikap tokoh melalui tuturan yang terdapat di dalam novel Angin Bersyair karya Andrei Aksana agar dapat diketahui berbagai sikap tokoh. Penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah teks-teks atau ujaran-ujaran yang terdapat dalam novel Angin Bersyair karya Andrei Aksana. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah novel Angin Bersyair karya Andrei Aksana. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode teknik catat dan teknik tulis. Data-data yang diperoleh selanjutnya diolah dengan tahapan mengidentifikasi, diklasifikasikan, dianalisis dan disajikan dalam bentuk deskripsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap tokoh dalam novel Angin Bersyair Karya Andrei Aksana yang berkenaan dengan (1) sikap tokoh berdasarkan afek (2) sikap tokoh berdasarkan penghakiman, dan (3) sikap tokoh berdasarkan apresiasi dalam novel Angin Bersyair lebih didominasi oleh aspek afek positif. Hasil analisis menunjukkan bahwa sikap tokoh melalui sikap kebahasaan dinilai berdasarkan evaluasi positif maupun negatif yang dituturkan dalam novel Angin Bersyair.


Keywords


sikap; afek; penghakiman; apresiasi

References


Aksana, A. (2014). Angin Bersyair. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Martin, J.R. & Rose. (2007). Working with Discourse: Meaning beyond the Clause (2nd ed.). Ney Work: Bloomsbury Academic.

Martin, J.R. & White P.R.R. (2005). The Language of Evaluation: Appraisal in English: Palgrave Macmillan.

Muchtasim, Mahmudah & Nensilianti. (2021). Sikap Mahasiswa Sastra Indonesia dalam Perkuliahan Daring pada Masa Pandemi Covid-19: Tinjauan Sistem Appraisal. Indonesian Journal of Pedagogical and Social Sciences. Vol.1 (1), 7-15.

Nugrahani, F. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Deepublish, Surakarta.

Putri, Dian M. (2019). Evaluasi Sikap Bahasa Calon Presiden pada Wacana Debat Capres 2019: Analisis Appraisal. SEMANTIKS. 565–571.

Sari, A. M., Mahmudah., Hajrah. (2021). Sikap Mahasiswa Terhadap Program Magang di Masa Pandemi Covid-19 dengan Pendekatan Linguistik Sistemik Fungsional. NEOLOGIA: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, (2) 3, hl. 120-132.

Sodiq, J., Sophia, T. C., Hidayat., N. (2021). Analisis Apraisal Karakterisasi Tokoh Utama dalam Novel Bumi Manusia Karya Pramoedya Ananta Toer dalam versi Bahasa Indonesia dan Terjemahan dalam Bahasa Inggris This Earth of Mankind. PROSIDING SNHP LPPM UPGRIS. 2 (1).

Susiati, dkk. (2020). Nilai Edukasi dalam Novel Partikel Karya Dewi Lestari. Uniqbu Journal of Social Sciences, 1 (3), 176-183.

Widodo, H. P., Ferdiansyah, S., Fridani, L. (2020). Mahasiswa International dan COVID-19. Introduction to International Students. 10 (1), 1-12. https://doi.org/10.32674/jis.v10iS3.3208

Wiratno, T. (2018). Pengantar Ringkas Linguistik Sistemik Fungsional. Pustaka Belajar, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v9i1.23396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mahmudah Mahmudah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: