Belajar Menyimak dan Menulis Berdasarkan Cerita Rakyat Pulau Madura (Kesenian Topeng Dalang) Bagi Pebelajar BIPA Tingkat Dasar

Ira Fatmawati, Hani’ah Hani’ah

Abstract


Keterampilan menyimak dapat dipengaruhi dari (1) tingkat frekuensi, (2) gender, (3) motivasi. Daya simakan dapat ditingkatkan dengan tingkat frekuensi dan motivasi, bahkan dddipengaruhi juga dengan gender.   Menyimak merupakan dasar dari keterampilan berbahasa. Seseorang yang tidak dapat mendengar maka secara otomatis dia tidak dapat berbicara, menulis, dan membaca. Kegiatan pembelajaran menyimak dan menulis dapat dilakukan secara bersamaan dengan tahapan pembelajaran sebagai berikut, (1) bagian 1 belajar menyimak gambar, (2) bagian 2 belajar menyimak, (3) bagian 3 menceritakan kembali cerita tari topeng yang telah disimak. Kegiatan menyimak dapat dilakukan dengan cara (1) menyimak gambar, (2) simak ulang ucap, (3) simak kerjakan.

Keywords


menyimak; menulis; cerita rakyat; BIPA; tingkat dasar

References


Atar M, Semi.. Metode Penelitian Sastra. Bandung: Penerbit Angkasa. 1993.

Bagyo, Suharyono. Wayang Beber Wonosari. Bina Citra Pustaka: Solo.2005.

Borg, W R & Gall, M D. Educational research: an introduction, Fourth Edition. New York: Longman. Inc. 2005.

Dolek, Onur. The Relationship between Listening Motivation and Frequency of Listening Strategy Use. ijels.aiac.org.au. 2022 Volume: 10 Issue: 2 ISSN: 2202-9478

İzzettin. The Level Of Listening Motivation Should Be Increased By Designing Entertaining Listening Activities And Actively Involving Students In The Process. Teaching Research Quarterly 2023, Vol. 33, 132–149.

Rofi’udin dan Darmiyati Zuhdi.. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di SD.Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. 1999.

Suparno, Yunus Muhamad.. Keterampilan Dasar menulis. Jakarta : Universitas Terbuka.2002.

Tangkakarn. The Effects of Reading-While-Listening and Listening-Before-ReadingWhile-Listening on Listening and Vocabulary Boonyarit Tangkakarn Language Institute, Thammasat University, Thailand, International Journal of Instruction, July 2020 ● Vol.13, No.3 e-ISSN: 1308-1470 ● www.e-iji.net p-ISSN: 1694-609X pp. 789-804.

Musfiroh, Tadkiroatun. Cerdas Melalui Bermain. Grasindo: Jakarta. 2004.




DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v8i2.22810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ira Fatmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: