Media ajar pendamping bahasa inggris “let’s express” sebagai media dalam materi expression siswa SMP Kelas VII

Siti Mutiatun, Ersa Alami

Abstract


Bahasa adalah alat komunikasi yang diperlukan dalam setiap waktu termasuk siswa yang setiap hari berkomunikasi. Komunikasi lisan merupakan keterampilan berbahasa yang membutuhkan beberapa komponen berbahasa diantaranya adalah expression.  Materi expression merupakan salah satu materi yang dipelajari siswa kelas VII SMP yang bertujuan agar komunikasi lisan mereka tidak kaku dalam menggunakan kosa kata. Dengan demikian, mereka bisa berbicara sesuai dengan alur situasi dan kondisi yang diinginkan tanpa menunjukkan sikap memaksa. Namun hal ini sangat sulit untuk diaplikasikan karena mereka harus menyesuaikan kegiatan yang ada pada buku ajar yang pada umumnya menggunakan situasi asing sehingga mereka harus menganalisis sebelum mereka memahami dan mengimplementasikan materinya. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan media ajar pendamping bahasa Inggris “let’s express” dalam materi expression siswa kelas VII SMP Daruttauhid, Sepulu, Bangkalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang berisi tentang paparan hasil penelitian yang merupakan paparan dari penggunaan media. Dari penelitian, diketahui bahwa siswa dan guru mengalami kesulitan dalam materi expression sehingga membutuhkan media khusus yang dapat membantu dalam pembelajarannya. Penggunaan media ajar pendamping bahasa Inggris dalam materi expression cukup membantu karena berbasis aplikasi yang berkearifan lokal sehingga dapat diakses dengan mudah dalam waktu tak terbatas.


Keywords


Media ajar pendamping; materi expression; kearifan lokal Madura

References


Al Rosyidah, Afifah (2015) General English for university students. Pamekasan: Duta Media Publishing.

Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran: Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Christinawati, Mike (1996) What to say,: Arkola: Bandung

Ary, Donald (2002) Teori dan praktik penelitian kuantitatif, kualitatif, PTK, RnD. Jakarta: Rieneka cipta

Hakky, Muhammad Khalid, Wirasasmita, Rasyid Hardi, dan Uska, Muhammad Zamroni. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Sistem Operasi. Edumatik: Jurnal Pendidikan Informatika, 2 (1), 24—33.

Kayati, Afiyah Nur dan Mutiatun, Siti. (2020). Media Pembelajaran Berbahasa. Bangkalan: CV. Inti Aksara Group.

Kuswanto, Joko dan Radiansyah, Ferri. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14 (1), 15—20.

Moleong, Lexy J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda

Mujiono (2002) Mastering intensive English, Pare: Harvard Course

Nur, Arwansyah. (2019). Daily Expressions and Word-Study in Conversation.Perdana Publishing: Medan




DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v8i2.22751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Siti Mutiatun, Ersa Alami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: