Citra Wanita Tokoh Utama dalam Novel “ Sehidup Sesurga Denganmu” Karya Asma Nadia

Suci Lestari, Eti Sunarsih, Sri Mulyani

Abstract


Karya sastra pada dasarnya merupakan refleksi kehidupan masyarakat yang dialami, direnungkan, dan dilihat secara intensif dengan daya imajinatif pengarang yang kemudian disajikan lewat bahasa pengarangnya. Penelitian ini berkaitan dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah yaitu di tingkat SMA. Pengajaran novel dimuat dalam kurikulum K-13 pada siswa kelas XII Semester 1 dengan KD 3.9 “Menganalisis isi dan kebahasaan novel” dan KD 4.9 “Merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis”. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif, metode deskriptif adalah metode yang dilakukan dengan jalan menganalisis data yang sudah dikumpulkan berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini berupa terdapat citra fisik dan non-fisik yang tergambarkan dalam beberapa kutipan dalam novel “sehidup sesurga denganmu” karya Asma Nadia. Implementasi hasil kajian dalam novel Sehidup Sesurga Denganmu karya Asma Nadia dalam rencana pelaksanaan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia akan mengacu tujuan dan indikator pencapaian dalam pembelajaran dalam aspek keterbacaan fiksi, yaitu kutipan novel Sehidup Sesurga Denganmu karya Asma Nadia yang akan dibantu dengan media cetak, menggunakan metode diskusi dibantu dengan metode ceramah dan tanya jawab serta penilaian melalui pemberian soal essay.


Keywords


Novel; Asma Nadia; implementasi; pembelajaran; citra wanita

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

Basyiruddin Usman. 2002. Media Pendidikan. Jakarta: Ciputat Press.

Endraswara, Suwardi. 2008. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Media Pressindo.

Kosasih, E. 2003. Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung: Yrama Widya.

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Cetakan ke-36. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.

Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Cetakan 1. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Ratna, Nyoman Kutha. 2015. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Cetakan XIII. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rokhmansyah, Alfian. 2014. Studi dan Pengkajian Sastra: Perkenalan Awal Terhadap Ilmu Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rudi Susilana dan Cepi Riyana. 2008. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Santana, K. Septiawan. 2010. Menulis Ilmiah Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Yayasan Pustaka.

Semi, M. Atar. 2012. Metode Penelitian Sastra. Bandung:Angkasa.

Siswantoro. 2014. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugihastuti. 2000. Wanita di Mata Wanita : Perspektif Sajak-sajak Teori Heraty. Bandung: Penerbit Nuansa.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyono dan Hariyanto. 2015. Implementasi Belajar & Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Teeuw. 2015. Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya.

Wahyuningtyas, Sri dan Wijaya Heru Santosa. 2011. Sastra: Teori dan Implementasinya. Surakarta: Yuma Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v8i2.22271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Suci Lestari, Eti Sunarsih, Sri Mulyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: