Persepsi Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Mengikuti Program MBKM KKN Tematik: Tinjauan Sistem Apraisal Martin & Rose

Zulfa Arianti, Mahmudah Mahmudah, Andi Sahtiani Jahrir

Abstract


Perubahan kurikulum perguruan tinggi saat ini telah beralih ke kurikulum baru, yaitu program MBKM. Hal tersebut memunculkan persepsi mahasiswa dalam penerapannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam mengenai 1) afek, 2) penghakiman, dan 3) apresiasi yang terdapat pada persepsi mahasiswa dalam mengikuti program MBKM KKN Tematik berdasarkan tinjauan sistem apraisal Martin & Rose yang menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menerapkan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar yang mengikuti program MBKM KKN Tematik Periode 2022. Data dalam penelitian ini adalah tuturan responden yang menunjukkan adanya bentuk afek, penghakiman, dan apresiasi yang ada di dalamnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyebaran angket dan melakukan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis  model Martin dan Rose melalui pengategorian bentuk sikap positif dan sikap negatif yang diinterpretasikan ke dalam afek, penghakiman, dan apresiasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan dua bentuk sikap, yaitu sikap positif dan sikap negatif. Kedua bentuk sikap tersebut  direalisasikan ke dalam tiga aspek penilaian yang dominan, yaitu: apresiasi positif, penghakiman positif, dan afek positif dan disusul dengan apresiasi negatif, penghakiman negatif, dan afek negatif.

Keywords


persepsi; apresiasi; penghakiman; afek

References


Ayu, P. 2017. Analisis Sistem Apraisal Berita Proses Eksekusi Duo Bali Nine (Pendekatan Linguistik Sistemik Fungsional). Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya. 4 (2).193-209.

Charmilasari. 2018. Modalitas Pada Wacana Kelas: Kajian Linguistik Sistemik Fugsional. Jurnal Onoma: Pendidikan Bahasa dan Sastra. 4 (2).138-156.

Damayanti, R., Mahmudah & Mayong. Representasi Pengalaman pada Pidato Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam Peringatan Hari Kelahiran Pancasila. Metalingua: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 8 (1). 33-41.

Fuadi, T.M. 2022. Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM): Aplikasinya dalam Pendidikan Biologi. Prosiding Seminar Nasional Biotik 9 2. 38-55.

Hendrastuti, R. 2018. Pembelajaran Teks Sastra Dengan Pendekatan Linguistik Sistemik Fungsional. Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia (PIBSI). 841-848.

Hidayat, R. 2015. Performance Appraisal sebagai Alat Pengukuran Kepuasan Kerja Karyawan. Jurnal Ilman. 3 (1). 1-8.

Jahrir, A. S. 2009. Implementasi Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 terhadap Pemakaian Bahasa Indonesia pada Sentra Bisnis di Makassar. 24. 1-19.

Juanda, J., & Azis, A. 2019. Aplikasi Kaidah Kebahasaan Bahasa Indonesia dalam Tajuk Berita Surat Kabar Sebagai Konsumsi Informasi Publik di Kota Makassar. Jurnal Ilmu Budaya. 16 (1). 9-28.

Maryadi, A., Mahmudah & Mayong. 2022. Penggunaan Bahasa Kekuasaan Anggota Legislatif Perempuan Sulawesi Selatan dalam Wacana Politik Melalui Kosa Kata Fitur: Studi Kasus Ketua DPRD Sulawesi Selatan. Journal of Asian Multicultural Research for Social Sciences Study. 3 (3). 143-154.

Puspitasari, Y. 2019. Analisis Penerapan Linguistik Struktural dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Tingkat SMP/MTS Kelas VI. 15 (2).

Sari, A. M., Mahmudah & Hajrah H. 2021. Sikap Mahasiswa Terhadap Program Magang di Masa Pandemi Covid-19 dengan Pendekatan Linguistik Sistemik Fungsional. Neologia: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia. 2 (3). 120-132.

Masnun. 2018. Teori Linguistik dan Psikologi dalam Pengajaran Bahasa Arab di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam. 8(1). 172-204.

Muchtasim, M., Mahmudah & Nensilianti. 2021. Sikap Mahasiswa Sastra Indonesia Angkatan 2020 dalam Perkuliahan Daring pada Masa Pandemi Covid-19: Tinjauan Sistem Apraisal. Indonesian Journal of Pedagogical and Social Sciences. 1 (1).

Wiratno, T. 2018. Pengantar Ringkas Linguistik Sistemik Fungsional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yunus, R.N. 2018. Sistem Apraisal Pada Teks Iklan Masyarakat Di Kota Tebing Tinggi. Jurnal Manajemen Tools. 9 (1). 105-113.




DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v8i2.21968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mahmudah Mahmudah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: