Kolokial Bentuk Representasi Keakraban dalam Pemakaian Bahasa Militer dengan Model Kekuasaan sebagai Fungsi Interaksional

Arsantika Febrianti.N, Gigit Mujianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memahami fenomena penggunaan bahasa kolokial dalam pemakaian bahasa militer dengan model kekuasaan sebagai fungsi interaksional. Dalam lingkungan militer, penggunaan bahasa kolokial atau bahasa sehari-hari yang informal dapat menjadi alat yang efektif untuk menciptakan rasa keakraban dan memperkuat ikatan antara anggota militer. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis literatur yang relevan dengan melibatkan anggota militer. Data dalam penelitian ini memuat kata-kata dan kalimat yang dituturkan oleh penutur pada tayangan video. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Teknik analisis data pada penelitian ini yakni ; (1) menyajikan data, (2) meringkas data, dan (3) menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan bahasa kolokial dalam konteks militer dapat membantu menciptakan ikatan sosial antara anggota militer. Dengan menggunakan frasa atau kata-kata khas dalam lingkungan militer, anggota militer dapat merasa lebih terhubung satu sama lain, memperkuat rasa kebersamaan, dan membangun identitas kelompok yang kuat dan dalam lingkungan militer, hierarki dan model kekuasaan  menjadi faktor penting.


Keywords


kolokial; kekuasaan; sosiolinguistik

References


Nabilah, F., & Mujianto, G. (2021). Ragam Kolokial Pada Kepolisian RI. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 10(2), 126-144.

Rahmah, N. A. (2018). Ragam Bahasa Militer Di Lembaga Pendidikan TNI AD Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Bahasa Indonesia (Bachelor's thesis).

Soerjono, Soekanto 2007. Sosiologi suatu pengantar. Jakarta: P.T.Raja Grafindo.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ramendra, D. P. (2013). Variasi pemakaian bahasa pada masyarakat tutur kota Singaraja. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 2(2).

Wijayanti, T. (2017). Tindak Tutur Bahasa Indonesia Komunitas Prajurit TNI-AD Rindam XIV/Hasanuddin: Suatu Tinjauan Sosiopragmatik (Doctoral dissertation, Pascasarjana).

Sumitri, N. W., & Arka, I. W. TURNITIN" Kekuatan dan Kekuasaan (dalam) Bahasa dalam Perspektif Etnolinguistik: Dinamika Tradisi Ritual Etnik Rongga di Manggarai Timur".

Fairclough, N. (2001). Critical discourse analysis as a method in social scientific research. Methods of critical discourse analysis, 5(11), 121-138.

Daniel, Dhakidae. 2003. Cendekiawan Dan Kekuasaan Dalam Negara Orde Baru. Jakarta: PT. Ikrar Mandiri.

Pasongli, A., & Tanduk, R. (2020). PENGGUNAAN BAHASA KOLOKIAL DALAM PERCAKAPAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UKI TORAJA. Mataallo: Masyarakat Peneliti Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(2), 58-63.

RAMBE, F. (2022). ANALISIS BAHASA KOLOKIAL DALAM PERCAKAPAN WHATSAPP PADA KALANGAN REMAJA (Doctoral dissertation).

Abdul Jalil Amrin, A. (2016). Kolokial Bahasa Inggris Dalam Novel A Diary OF Wimpy Kid Karya Jeff Kinney Dan Terjemehannya Diary Bocah Tengil (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).

Chaer, A., & Agustina, L. (2004). Sosiolinguistik: perkenalan awal.

Asmah Omar. (2009). Nahu Melayu mutakhir (Edisi Kelima). Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka

Mufadhdhal, D. R., Rais, W. A., & Marmanto, S. THE CODE-MIXING ON THE TRIALS IN THE MADIUN MILITARY COURT: A SOCIOLINGUISTIC STUDY. In Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra (SEMANTIKS) (Vol. 2, pp. 95-106).

Nazihah, W., & Mujianto, G. (2020). Maksim Kuantitas Pada Ragam Kolokial Dalam Sentra Pelayanan Publik. ALINEA: JURNAL BAHASA SASTRA DAN PENGAJARAN, 9(2), 85-98.

Dawa, W. (2016). Pola Pembentukan Kependekan dalam Lingkungan Militer dan Kepolisian di Indonesia. Sintesis, 10(1), 56-71.

Kridalaksana, Harimurti. 1989 Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia.Jakarta: Penerbit Gramedia.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Luriawati, Debi. N. 2011. Bentuk Dan Faktor Penyebab Penggunaan Jargon Masyarakat Nelayan Di Rembang. Ejournal unnes

Masmuh, A. (2010). Komunikasi organisasi dalam perspektif teori dan praktek.

Kusmanto, H. (2020). Peran Babinsa Kodim 0204/Ds Desa Rantau Panjang Mengurangi Narkoba Di Desa Rantau Panjang Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).




DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v8i2.20970

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Arsantika Febrianti.N, Gigit Mujianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: