Penggunaan Media Ajar Video dalam Pembelajaran Teks Hikayat Kelas X SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi peserta didik X IPA 5 SMA N 5 Semarang terhadap penggunaan video sebagai media pembelajaran teks hikayat. Penelitian dilakukan menggunakan metodologi kualitatif, dengan data primer hasil observasi dari penyebaran angket. Angket dibagikan melalui Google Form, berisi 11 butir pertanyaan yang terbagi dalam tiga komponen, yaitu materi teks hikayat, media video, dan penggunaan video sebagai media ajar teks hikayat. Data diolah melalui empat tahapan, yaitu reduksi, data reduction, data display, dan verification. Reduksi data dilakukan dengan cara memilih hal-hal yang berkaitan dengan pokok penelitian. Display atau penyajian data ditulis dalam bentuk uraian singkat, sedangkan verifikasi dilakukan dengan cara pengambilan simpulan. Selain data primer peneliti juga menggunakan data sekunder, berupa kumpulan jurnal. Hasilnya, lebih dari 50% peserta didik kelas X IPA 5 SMA N Semarang merespon bahwa pembelajaran teks hikayat lebih mudah melalui penggunaaan media video, sebab mampu meningkatkan kemampuan memeroleh informasi penting dalam teks hikayat.
Kata Kunci: teks, hikayat, media, video.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ariana, Riska. 2016. “Strategi Pembelajaran Menggunakan Media Youtube Dengan Metode Ceramah,” 1–23.
Arsyad, Azhar. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Chotib, Sjahidul Haq. 2018. “Prinsip Dasar Pertimbangan Pemilihan Media Pembelajaran.” Awwaliyah: Jurnal PGMI 1 (2): 109–15.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Fahri, Muhammad Ullil. 2017. “Pemanfaatan Video Sebagai Media Pembelajaran.” BMC Public Health 5 (1): 1–8. https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/siklus/article/view/298%0Ahttp://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jana.2015.10.005%0Ahttp://www.biomedcentral.com/1471-2458/12/58%0Ahttp://ovidsp.ovid.com/ovidweb.cgi?T=JS&P.
Komariah, Aan dan Cepi Triatna. 2005. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Miles, M.S., & Huberman, A.M. 1984. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of Mew Methode. Baverly Hills: Sage Publications.
Nurseto, Tejo. 2012. “Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik.” Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan 8 (1): 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706.
Oktaviani, Risqa Tri. 2019. “Pemanfaatan Video Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Dan Pelatihan ( Diklat ).” MADIKA: Media Informasi Dan Komunikasi Diklat Kepustakawanan 5 (1): 91–94. https://ejournal.perpusnas.go.id/md/article/view/728.
Purnaningsih, Pari. 2017. “Strategi Pemanfaatan Media Audio Visual Untuk Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris.” Jurnal Informatika Universitas Pamulang 2 (1): 34. https://doi.org/10.32493/informatika.v2i1.1503.
Riyana, Cheppy. 2007. Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.
Rosita, Farida Yufarlina & Achsani, Ferdian. 2019. “Kemampuan Menceritakan Video Hikayat Abu Nawas Siswa Kelas X IPA 1 MAN 1 Surakarta Melalui Keterampilan Menulis” 8 (2).
Sitanggang, Nathanael & Saragih, Abdul Hasan. 2008. “Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif.” Ph.D. Thesis, Central-South University of Technology, China 76 (3): 61–64.
Siyoto, S., & Sosik, M. A. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Divisi Buku Digital PT Kanistus Sudiarta, I. G. P. & Sadra I.
DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v8i1.19379
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Fadhilla Berliannisa, Fadhilla Berliannisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.