Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Trunojoyo Madura

Afiyah Nur Kayati, Emy Rizta Kusuma

Abstract


Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa sesuai bidang ilmu, kebutuhan dunia kerja, minat, dan bakat mahasiswa. Dengan adanya kebijkaan baru tersebut, program studi harus melalukan penyesuaian kurikulum untuk mendukung program MBKM. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi dan implementasi kurikulum MBKM di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Trunojoyo Madura. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui teknik observasi atau pengamatan, wawancara, dan studi literatur. Strategi implementasi kebijakan kurikulum dilakukan melalui dua hal, yaitu pengembangan kurikulum sesuai kebijakan MBKM dan pengimplementasian kegiatan MBKM yang disesuaikan dengan profil lulusan (PL) dan capaian pembelajaran lulusan (CPL) prodi. Kegiatan yang diimplementasikan di Prodi PBSI Universitas Trunojoyo Madura ialah Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM), Asistensi Mengajar, Kampus Mengajar, dan Penelitian/Riset.


Keywords


Merdeka Belajar Kampus Merdeka, kurikulum, strategi, implementasi

References


Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi: Di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan. (2022). Buku Panduan Kampus Mengajar: Angkatan 3 Tahun 2022. Jakarta: Program Kampus Mengajar Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka (Fokus: model MBKM program studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195–205.

Ramli, I., Nurasia, N., & Khaerati, K. (2022). Implementasi Bentuk Kegiatan Pembelajaran Riset. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(3), 278–284.

Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916–924.

Suryaman, M. (2020). Orientasi pengembangan kurikulum merdeka belajar. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13–28.

Suwandi, S. (2020). Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia yang Responsif terhadap Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Kebutuhan Pembelajaran Abad ke-21. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1–12.

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185–201.




DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v8i1.19312

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Afiyah Nur Kayati, Emy Rizta Kusuma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: