Faktor Minimnya Minat Membaca Siswa Kelas 5 MI Islamiyah Prembun
Abstract
Minat baca adalah keinginan yang kuat dari seseorang untuk membaca dan menganalisa serta memahami isi bacaan yang ia baca. Oleh karena itu, diperlukan sebuah penelitian mengenai fakta yang mempengaruhi minat baca siswa di kelas V Ml Islamiyah Prembun. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang menyebabkan minimnya minat membaca pada siswa dikelas V MI Islamiyah Prembun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas V, guru, dan, orang tua siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal penyebab rendahnya minat membaca siswa kelas V MI Islamiyah Prembun adalah kemampuan membaca dan kurangnya kebiasaan membaca. Faktor eksternal penyebab rendahnya minat membaca siswa adalah lingkungan sekolah kurang mendukung, peran perpustakaan belum maksimal, keterbatasan buku/baha bacaan, keluarga kurang mendukung, dan pengaruh menonton televisi serta penggunaan handphone.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Meliyawati. 2016. Pemahaman Dasar Membaca, Yogyakarta: deepublish.
Dahlan, M. 2008. Motivasi Minat Baca. Jurnal Iqra, Volume 02, Nomor 01, 22.
Dalman. 2014. Keterampilan Membaca.Jakarta: PT Raja Grafindo Pesada.
Harjowinangun 02 Tersono Batang. Indonesia Journal of Educational Reseach and Review, Vol 2, No 3, 377
Nenty, H. J. 2009. Writing a Quantitative Research Thesis. International Journal of Educational Sciences, 1(1), 19– 32.
Creswell, J. W. 2010. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.
DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v8i1.18969
Refbacks
Copyright (c) 2023 Prissilia Prahesta Waningyun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.