MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA (STUDI PUSTAKA)

Fina Nabilah Layaliya, Haryadi Haryadi, Nas Haryati Setyaningsih

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yakni data-data atau bahan-bahan yang diperlukan berasal dari perpustakaan baik berupa buku, ensklopedi, kamus, jurnal, dokumen, maupun majalah. Media pembelajaran dibutuhkan dalam mata pelajaran yang diajarkan di sekolah, salah satunya mata pelajaran Bahasa Indonesia. Komponen pelajaran Bahasa Indonesia mencakup mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Keempat sampek tersebut apabila dalam proses pembelajaran memanfaatkan media pembelajaran maka akan berkesan dan menarik, sehingga siswa mendapatkan pengalaman-pengalaman yang nyata dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan macam-macam media pembelajaran yang bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran bahasa dan sastra.


Keywords


kepustakaan, media pembelajaran, bahasa dan sastra

References


Arsyad, Azhar. 2000. Media Pengajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Rajawali Press

Hadi, Sutrisno. Metodologi Research. Yogyakarta : Fak.Psikologi UGM. 1990.

Kustadi, Cecep dan Darmawan, Daddy. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: KENCANA.

Majid, Abdul. 2005. Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana dan Rivai. 2011. Media pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i2.12392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fina Nabilah Layaliya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: