PENGEMBANGAN KOMIK INTERAKTIF PAHLAWAN MADURA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI PADA PEMBELAJARAN TEKS ANEKDOT

Ayyu Subhi Farahiba

Abstract


Media pembelajaran membantu guru dalam mengemas pembelajaran di kelas agar lebih interaktif dan menarik dapat dikembangkan dalam bentuk komik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan komik interaktif tokoh pahlawan Madura untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa melalui pembelajaran teks anekdot. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (R&D). Subjek penelitian uji coba ini adalah siswa kelas X SMA Ma'arif 3 Pamekasan. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh dari hasil wawancara dan data berupa skor penilaian yang diperoleh dari ahli materi, ahli media, tanggapan siswa, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan komik interaktif pahlawan Madura untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa melalui pembelajaran teks anekdot sangat layak digunakan dengan persentase validasi ahli materi sebesar 96% dan validasi ahli media sebesar 91%. Hasil uji coba kelompok kecil diambil oleh 15 siswa kelas X SMA, hasil penilaian angket respon siswa diperoleh persentase sebesar 84% sehingga komik interaktif dikategorikan sangat layak uji coba di lapangan.


Keywords


komik interaktif; pahlawan Madura; keterampilan literasi; teks-teks anekdot

References


Ahmad, H. A. (2009). Why Digital Comics; Indonesia ICT Award 2009. Retrieved July 29, 2009, from Academia.edu website: https://www.academia.edu/1721061/Kenapa_Komik_Digital

Aprinta, G. (2013). The Function of Online Media as a Medium of Cultural Literacy for The Younger Generation. Jurnal The Messenger, 5(1).

Arsyad, A. B. (2017). Learning Media. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Cahyawulan, W., Hanim, W., & Herdi, H. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Komik Dalam Layanan Informasi Karir Untuk Meningkatkan Kematangan Karir: Studi Kuasi Eksperimen Terhadap Peserta Didik Kelas VIII di SMP Labschool Jakarta. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2), 143–149. https://doi.org/10.21009/insight.032.25

Darmawan, H. (2012). How To Make Comic Menurut Para Master Komik Dunia. Bandung: Mizan Media Utama.

Daryanto. (2010). Learning Media. Yogyakarta: Gava Media.

Depdikbud. (1991). Proyek Penerbitan Buku Sastra Indonesia dan daerah, Kepahlawanan Trunajaya. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Ernalida, L. Y., Ansori, G. A., Hikmah, N., & Utami, R. (2018). Powtoon: Information Technology-Based Learning Media as an Effort to Create Exciting and Creative Learning. Jurnal Logat, 5(2), 132–137.

Fathurohman, N., & Indihad, D. (2018). Penggunaan Media Komik dalam Keterampilan Menulis Laporan. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(4), 30–36. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/12647

Fuad, A. P. (2016). Development of Comic-Shaped Learning Media to Increase Motivation to Learn Accounting on Competence to Compile Financial Statements of Students of Class X SMK Muhammadiyah 2 Moyudan School Year (Universitas Negeri Yogyakarta). Universitas Negeri Yogyakarta. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31973

Hurlock, E. B. (1978). Child Development (6th ed). New York: Mc Graw Hill.

Kemendikbud. (2013). Student Book of High school Indonesian Education/MA Class X. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khasanah, I. M., Nurhidayat, M., & Ferawati, F. (2019). Studi Komparasi Penggunaan Media Pembelajaran Komik dengan Media Modul Pembelajaran pada Metode Resitasi Pada Hasil Belajar Fisika SMA 12(2),. https://doi.org/. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 12(2), 61–69. https://doi.org/10.37729/radiasi.v12i2.53

Kosasih. (2014). Types of Text in Subjects Indonesian Curriculum 2013. Jakarta: Rajawali Pers.

Lestari, D. W., Dian, H., & Sudrajat, R. T. (2018). Learning to Write Text Procedures Using CTL (Contextual Teaching and Learning) in Students of Class X MAN Cimahi. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(5), 815–820. Retrieved from https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/1333

Mahsun, M. S. (2014). Text in Indonesian Language Development (Curriculum 2013). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

McCloud, S. (2008). Understanding Comic. Jakarta: Gramedia.

Mediawati, E. (2011). Pembelajaran Akuntansi Keuangan Melalui Media Komik Untuk Meningkatkan Prestasi Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 61–68.

Mulyati, L. (2016). Penggunaan Media Komik Strip dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Anekdot di SMK Negeri 1 Sumedang. Jurnal Riksa Bahasa, 2(2), 187--194. https://doi.org/10.17509/rb.v2i2.9560

Musfiroh, D. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Komik terhadap Keterampilan Bercerita Siswa Kelas V SD Negeri Sinduadi 1 Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman Tahun Ajaran 2016/2017 (Universitas Negeri Yogyakarta). Universitas Negeri Yogyakarta. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54094

Pardiyono. (2007). Definitely Can! Teaching Genre-Based Writing. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Parmikoadi, D. M., Mutiaz, I. R., & Sriwarno, A. B. (2013). Transformasi Cara Penuturan Cerita dalam Bentuk Aplikasi Digital Storytelling sebagai Media Pengenalan Kembali Legenda “Calon Arang.” Jurnal Nirmana, 15(1), 1–12. https://doi.org/10.9744/nirmana.15.1.121-126

Ramadhani, W. P. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Komik dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jupitek: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 77–86. https://doi.org/10.30598/jupitekvol2iss2pp77-86

Ramdhani, S. I., Magfirah, N., & Hambali, H. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Virus Kelas X di SMA Negeri 2 Gowa. Orphanet Journal of Rare Diseases, 21(1), 1–9. https://doi.org/10.1155/2010/706872

Rohmawati, N. E., & Wibisono, G. (2017). Pengunaan Media Komik Berbahasa Mandarin Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Bahasa Mandarin Siswa Kelas X Perhotelan SMK 17 Agustus 1945 Surabaya. Jurnal Mandarin Unesa, 3(1), 1–5. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/33304

Rosalinda, H. (2015). Pengembangan Media Komik Peristiwa Rengasdengklok dalam Pembelajaran Sejarah di Sma Negeri 3 Surakarta. Universitas Sebelas Maret.

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Harjito. (2012). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanaky. (2013). Innovative Interactive Learning Media. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Sanjaya, W. (2008). Planning and Design of Learning Systems. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, W. (2011). Learning Communication Media. Jakarta: Kencana.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiartinengsih, R. (2018). Penggunaan Media Komik Strip dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Ekplanasi di SMAN 1 Sukahaji. Jurnal Riksa Bahasa, 2(2), 187–194.

Sugiyono. (2014). Combination Research Methods (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sunarti, & Rahmawati, S. (2012). Penilaian Hasil Belajar untuk SD, SMP, dan SMA. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Yaumi, M. (2018). Media and Learning Technology. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v7i1.12173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ayyu Subhi Farahiba

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: