KOMPETENSI MENULIS CERITA PENDEK SISWA MAN 1 KARANGANYAR BERTEMA PANDEMI COVID-19 DENGAN PENDEKATAN PROSES

Sarwiji Suwandi, Nugraheni Eko Wardani, Sugit Zulianto, Chafit Ulya, Titi Setiyoningsih

Abstract


Menulis cerita pendek menjadi salah satu permasalahan serius dalam pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya di MAN 1 Karanganyar. Dalam praktiknya, pembelajaran menulis cerpen di MAN 1 Karanganyar dilaksanakan dengan pendekatan produk atau hasil. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik studi kasus. Sumber data merupakan guru dan siswa kelas Bahasa Indonesia di MAN 1 Karanganyar dan produk berupa cerita pendek.  Teknik pengumpulan   data   dengan   wawancara informan secara terstruktur dan tidak terstruktur dan analisis produk berupa cerita pendek dengan tema pandemi covid-19. Teknik validitas data melalui triangulasi sumber data dengan cara mencocokkan data antara wawancara informan dan hasil produk. Teknik analisis data dengan analisis model interaktif melalui langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan ke simpulan. Pendekatan proses dalam pembelajaran menulis cerpen terdiri atas lima tahap, yakni (1) pramenulis, (2) penyusunan draf tulisan (drafting), (3) perbaikan (revising), (4) penyutingan (editing), (5) pemublikasian (publishing). Kompetensi menulis cerita pendek siswa MAN 1 Karanganyar dengan pendekatan proses membuat siswa lebih mamahami pedoman umum ejaan bahasa Indonesia karena pada proses penyuntingan, baik guru maupun teman sejawat turut memberikan koreksiOleh sebab itu penting bagi seorang guru bahasa Indonesia untuk bisa membangun perkembangan belajar keterampilan menulis cerita pendek. Apabila guru mampu menerapkan pendekatan proses dalam pembelajaran menulis, maka kemampuan siswa tidak hanya dinilai berdasarkan produk, namun lebih kepada proses pembelajaran itu sendiri.


Keywords


menulis; cerita pendek; pendekatan proses

References


Ariani, Wendra, dan Indriani. 2015. “Pembelajaran Cerpen Berdasarkan Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas X Ma Syamsul Huda Tegallinggah”: E-Journal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 3 No. 1.

Endraswara S. 2005. Metode dan Teori Pengajaran Sastra Berwawasan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: Buana Pustaka.

Fachrunisa, Setiawan, Rakhmawati. 2018. “Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Cerita Pendek (Studi Kasus di Kelas XI SMK Negeri 5 Surakarta)”. BASASTRA Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Vol.6 No. 1.

Hartono, Suroso, Budiyanto. 2021. “Peningkatan Kompetensi Menulis Cerita Pendek Melalui Teknik Transformasi Teks Puisi dan Co-Creative Writing”. LITERA, Vol. 20, No. 1.

I. W. Barus. 2018. “Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Bantuan Media Film Pendek,” J. Educ. Action Res., vol. 2, no. 2, pp. 142–148, doi: 10.23887/jear.v2i2.12322.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 SMA/MA dan SMK/MAK Bahasa Indonesia. Jakarta.

Murakami, Haruki. 2016. What I Talk About When I Talk About Running. Yogyakarta: Bentang.

_______________. 2020. Seni Menulis Fiksi. Yogyakarta: Circa.

Sutopo. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.

Suwandi S, dan Ulya C. 2019. “Penanaman Sikap Peduli Lingkungan pada Siswa SMP Melalui Kreativitas Menulis Puisi”. Paramasastra, vol. 6, no. 2, pp. 1–13.

Tompkins and Hoskisson. 1995. Language Arts: Content and Teaching Strategies. New Jersey: Merril.

Ulfa dan Qomariyah. 2016. “Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Melalui Media Gambar Seri dengan Menggunakan Teknik Pengandaian Diri Sebagai Tokoh Cerita,” J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indonesia., vol. 5, no. 2, pp. 1–7.

Wry John, dkk. 2020. Semesta Murakami. Penerjemah: Dewi Martina. Yogyakarta: Penerbit Odyssee.




DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i2.12067

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sarwiji Suwandi, Nugraheni Eko Wardani, Sugit Zulianto, Chafit Ulya, Titi Setiyoningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: