Tantangan dan Strategi Pembelajaran BIPA bagi Pemelajar Anak-Anak di Sekolah Satuan Pendidikan Kerjasama

Octo Dendy Andriyanto, Meilita Hardika, Bambang Yulianto, Heny Subandiyah, Tengsoe Tjahjono

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tantangan dan strategi dalam pembelajaran BIPA bagi pemelajar anak-anak di Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK). Dinamisnya pembelajaran BIPA selalu mendorong pengajar selalu adaptif dalam menghadapi persoalan dan problematika dalam pembelajaran. Peningkatan kompetensi secara kontinyu, penguasaan IPTEKS, kemampuan berkomunikasi yang efektif merupakan kewajiban pengajar dalam mendukung pembelajaran inovatif, interaktif, dan atraktif dalam pembelajaran BIPA bagi pemelajar anak-anak. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari observasi, studi pustaka, angket yang disebarkan ke sekolah SPK di Surabaya, Jakarta, dan Bali. Hasil dari penelitian ini adalah mendeskripsikan tantangan dan startegi pemebelajaran BIPA untuk pemelajar anak-anak di SPK. Tantangan yang dihadapi pengajar dalam pembelajaran BIPA di SPK antara lain, tidak meratanya motivasi pemelajar dalam pembelajaran, faktor usia dan karakter pemelajar yang belum matang. Selain faktor dari pemelajar, tantangan yang cukup sulit bagi pengajar BIPA di SPK adalah meyakinkan orangtua pentingnya dan kegunaan belajar bahasa Indonesia. Strategi pembelajaran untuk menghadapi tantangan tersebut adalah mempersiapkan keterampilan pengajar dengan memaksimalkan kreativitasnya. Pengajar dapat menerapkan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan (joyfull learning) berbasis proyek sehingga kreativitas anak terstimulasi, mengarahkan pola pikir pemelajar dan orangtua tentang penting dan bergunanya bahasa Indonesia untuk berbagai tujuan seperti akademik, riset, bahkan bisnis.

Kata kunci: Tantangan, Strategi, Pembelajaran BIPA


Keywords


Tantangan, Strategi, Pembelajaran BIPA

References


Daftar Pustaka

Laksono, Agus Tri. 2016. Peran Teks Negosiasi Dalam Pembelajaran Bipa: Menjawab Tantangan MEA. Prosiding Semar I (Seminar Kepakaran) Unnes, Semarang

Maharany, Elva Riezky. 2017. Cerita Rakyat Sebagai Media Keterampilan Berbahasa. Jurnal Inovasi Pendidikan 1 (2). 12-18.

Musthafa, Muhammad Anwar Syihab., Rahmawati, Laili Etika. 2021. Kesalahan Bentukan Kata Berafiks Dalam Tulisan Mahasiswa BIPA. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra 6 (1). 24-29

Ninsiana, Widhiya. 2016. Revolusi Mental Bidang Pendidikan Pada Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Tarbawi Yah. 13 (1). 121-14.

Prasetyo, Hendra., Habiburrahman, Muhamad. 2015. Budaya Literasi Kunci Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Berkualitas Pada Era MEA. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia 2015 Issn: 2477‐636x

Ramadhani, Azza Aulia. 2017. Analisis Kebutuhan Belajar Untuk Menyusun Perangkat Pembelajaran Bipa Tingkat Pemula Yang Berorientasi American Council for Teaching Foreign Language (ACTFL). Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, Dan Sosial Budaya 23 (2). 19-27

Ronidin. 2015. Kendala-Kendala Pengajaran Bahasa Indonesia Di Korea Selatan. Jurnal Arbitrer. 2. 54-72

Rudi., Mujianto, Gigit. 2021. Tuturan Ekspresif Pengajar BIPA Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Dengan Metode Dengar Pandang. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran 10 (1). 67-84.

Sari, Ni Pt Apita Widya, Dkk. 2016. Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (Bipa) Di Sekolah Cinta Bahasa, Ubud, Bali. E-Journal Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia, Undiksha 5 (3).

Septianasari, Lina. Triyanto. 2021. Pelatihan Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing Melalui Platform Daring. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 5 (2), 345-353.

Smaldino, Sharon, dkk. 2011.Instructional Technology and Media for Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Tiani, Riris. 2016. Strategi Pengoptimalan Pengajaran Bipa Menghadapi MEA. Prosiding Semar I (Seminar Kepakaran) Unnes, Semarang.

Utari, Unga. Dkk. 2016. Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS. 1 (1): 39-44.

Zamahsari, Gamal Kusuma, A. H. Roffi’uddin, Widodo HS. 2019. Implementasi Scaffolding dalam Pembelajaran BIPA di Kelas Pemula. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 4 (1): 68—78




DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i2.10604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 octo dendy andriyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: