KARAKTERISTIK NASKAH DRAMA SERIAL BERTEMA CINTA TANAH AIR KARYA SISWA EKTRAKULIKULER TEATER SMAN 4 MALANG
Abstract
Abstrak: Salah satu kompetensi yang dikembangkan dalam kegiatan ekstrakurikuler teater SMA Negeri 4 Kota Malang adalah komptensi menulis naskah drama serial. Tema yang dipilih dalam pelatihan penulisan naskah drama serial pada tahun 2020 adalah cinta tanah air. Hal ini dipandang penting karema rasa cinta tanah air perlu ditanamkan sebagai salah satu karakter utama siswa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter naska drama serial karya siswa dari aspek tokoh dan penokohan, plot, latar, tema, dialog, petunjuk laku. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis struktur naskah drama. Sumber data penelitian berupa dokumen karya siswa dan hasil wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa karakteristik naskah drama mencakup: (1) tokoh dan penokohan dalam naskah drama serial mencakup dua hal yaitu, pengarang sebagai tokoh utama dan pengarang sebagai tokoh pembantu. (2) plot yang digunakan terdapat tiga kategori yaitu, sumber konflik, keterlibatan tokoh dan konflik, dan kelengkapan plot. (3) latar yang digunakan adalah lingkungan sekolah dan rumah sebagai latar ceita. (4) tema yang digunakan adalah cinta tanah air dengan subtema pendidikan dan budaya. (5) dialog yang digunakan adalah dialog umum dengan bahasa sehari-hari. (6) petunjuk laku yang digunakan adalah petunjuk lakuan tokoh.
Kata Kunci: Naskah drama serial, pendidikan karakter, ekstrakulikuler teater.
Abstract: One of the competencies developed in the extracurricular activities of theater at SMAN 4 Malang is the competence in writing serial drama scripts. The theme chosen in the drama series script writing training in 2020 is love for the country. This is considered important because the love of the country needs to be instilled as one of the main characters of Indonesian students. This study aims to analyze the character and characterization, plot, setting, theme, dialogue, and action instructions. This study uses a qualitative approach with the method of structural analysis of drama scripts. Sources of research data in the form of student work documents and interview results. The results of the study indicate that the characteristics of the drama script include: (1) characters and characterizations in a serial drama script include two things, namely, the author as the main character and the author as the supporting character. (2) the plot used consists of three categories, namely, sources of conflict, involvement of figures and conflicts, and completeness of the plot. (3) the setting used is the school and home environment as the background for the story. (4) the theme used is love for the country with the sub-theme of education and culture. (5) the dialogue used is general in everyday language. (6) the guidelines for the behavior used are the guidelines for the behavior of the characters.
Keywords: Serial drama scripts, character education, theater extracurricular activities.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Lutter, E. (2010). Kunci Sukses Menuis Skenario. Jakarta:Grasindo.
Noorfitriana, Yunita (2016). Karakteristik Naskah Drama Karya Siswa Kelas XI Bahasa Di SMAN 1 Grati. Skripsi tidak diterbitkan. Malang:UM
Pratiwi dan Siswiyanti, Y (2014). Teori Drama dan Pembelajarannya. Yogyakarta:Ombak Dua.
Priyatno, Joko .2010. Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Melalui Media Lagu Dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Learning Model “Numbered Heads Together” Siswa Kelas VIII SMPN 2 Tengaran. Skripsi diterbitkan .Semarang:UNNES. Diakses 05 November 2020.
Permendiknas 22 Th 2006 tentang Standar Isi
Rokhmansyah,A.2014. Studi dan Pengkajian Sastra: Perkenalan Awal Terhadap Ilmu Sastra.Yogyakarta:Graha Ilmu.
Solihuddin. 2013. Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Satu Babak Dengan Teknik Picture and Picture Melalui Media Gambar Gunung Pada Siswa Kelas VII B MTs Manbaul Ilmin Nafi Gunung Mulyo Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi tidak diterbitkan: Semarang:UNNES
Universitas Negeri Malang, 2017, Pedoman Menulis Karya Ilmia, Malang, Press (UM)
Yonny,A .2013. Sosiolinguistik. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Waluyo, H. 2003. Drama:Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta:Hanindita Graha Widia.
DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i1.10504
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Defi Permatasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.