MODEL KURIKULUM KOMPETENSI BERPIKIR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI PERGURUAN TINGGI VOKASI

Zulmy Faqihuddin Putera, Nurul Shofiah

Abstract


Abstrak: kompetensi berpikir merupakan aspek penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa baik perguruan tinggi vokasional maupun nonvokasional. Pengimplementasian kemampuan berpikir dapat melalui pembelajaran matakuliah yang dilakukan. Bahasa indonesia yang merupakan matakuliah wajib yang harus dibelajarkan di perguruan tinggi memiliki relevansi terkait internalisasi kompetensi berpikir kepada mahasiswa. Relevansi matakuliah Bahasa sebagai sarana bagi mahasiswa unruk mengungkapkan pikiran sebagai bentuk kemampuan berpikir melalui kompetensi berbahasa secara lisan maupun tulis sesuai dengan kaidah yang berlaku. Mahasiswa mengembangkan kemampuan berpikir dengan cara mengeksplorasi teks dalam kehidupan akademik, mendesain proposal penelitian dan kegiatan, melaporkan hasil penelitian dan kegiatan, serta mengaktualisasikan diri dalam karya tulis ilmiah. Namun peningkatan kompetensi berpikir mahasiswa perlu adanya model pengembangan kurikulum kemampuan berpikir pembelajaran Bahasa Indonesia di perguruan tinggi vokasi. Adanya pengembangan model kurikulum tersebut bertujuan menghasilkan alternatif model kurikulum khususnya untuk matakuliah Bahasa Indonesia pada perguruan tinggi vokasi yang inovatif serta sesuai dengan capaian profil lulusan yang diharapkan. Adapun model kurikulum yang sesuai diterapkan dalam pendidikan vokasi adalah model kurikulum pembeajaran bahasa Indonesia berbasis kompetensi. Ciri khas pendidikan vokasi terletak pada praktik. Ini berarti diperlukan pembelajaran yang menghubungkan dengan pengalaman kehidupan nyata. Pada dasarnya semua pendekatan pembelajaran yang menghubungkan dengan pengalaman kehidupan nyata merupakan elemen pembelajaran berbasis konteks.

 

Kata-Kata Kunci: Kompetensi Berpikir, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Vokasi


Keywords


Kompetensi Berpikir, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Vokasi

References


Anderson, L dan Krathwohl, D. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Departemen Pendidikan Nasional RI. 2003. Konsep Pendidikan Kecakapan Hidup. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan

Furqon, Arif., Muhaimin., & Maimun, Agus. 2005. Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi di Perguruan Tinggi Agama Islam. Jakarta: Dirjen Kelembagaan Agama Islam

Kemenristekdikti. 2016. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Vokasi. Jakarta: Dirjen Belmawa

Hadi. 2011. Merancang Pembelajaran Vokasional. Makalah disampaikan dalam Konverensi Nasional Pendidikan Vokasional, Malang pada tanggal 4 Februari 2011

Jhon D Mcneil. 2014. Contemporary Curriculum: In Thought and Action (United States of America: Jhon Wiley and Sons, 2009), h. 365.

Kemdikbud. 2013. Bahan Uji Publik Kurikulum 2013. [Online]. [24 Desember 2013

Marzano, Robert J. 1988. Dimensions of Thinking. Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development

Moodie, Gavin F. 2008. From Vocational to Higher Education. England: McGrawHill House.

Olivia, P.F. 1992. Developing Curriculum. New York: Harper Collin Publisher

Ruhimat, Toto, dkk. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung : Jurusan Kurtekpen

Sofyan. 2011. Revitalisasi pendidikan Vokasional. Makalah Konverensi Nasional Pendidikan Vokasional, Malang padaa tanggal 4 Februari 2011

Sukiman.2013. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik pada Perguruan Tinggi.Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah & Kedosenan UIN Sunan Kalijaga,

Sukmadinata, N. Sy. 2005. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik, Roda, Bandung

Taba, H. 1962. Curriculum Development. Theory and Practice. New York: Harcourt, Brace and World.

Tim BBE. 2001. Konsep Pendidikan Kecakapan Hidup (Buku I). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Wilson,V.2000. Educational Forum on Teaching Thinking Skills. Edinburgh: Scottish. Executive Education Department.




DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i1.10094

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Zulmy Faqihuddin Putera

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: