Factors Influencing the Increase in E-Banking Adoption in Rural Communities (Case Study of Batang Kuis Community)

Irgi Prayogo, Sugianto Sugianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan adopsi e-banking di masyarakat pedesaan, khususnya di wilayah Batang Kuis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa keuntungan dan keamanan yang dirasakan merupakan faktor dominan yang mendorong adopsi e-banking di kalangan masyarakat pedesaan di Batang Kuis. Penelitian ini berkontribusi pada literatur yang ada dengan menyelaraskan dengan Teori Utilitas, yang menyatakan bahwa manfaat yang dirasakan dan manfaat aktual merupakan pendorong utama adopsi teknologi individu. Berdasarkan temuan-temuan ini, studi ini merekomendasikan peningkatan langkah-langkah keamanan, peningkatan literasi keuangan melalui program-program pendidikan, dan peningkatan infrastruktur di daerah pedesaan untuk mendorong adopsi e-banking yang lebih besar. Hal ini memerlukan kolaborasi antara lembaga keuangan dan lembaga pemerintah. Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan, termasuk ukuran sampel yang terbatas dan cakupan variabel yang terbatas. Penelitian di masa mendatang dapat memperluas sampel dan menggabungkan rentang variabel yang lebih luas untuk pemahaman yang lebih komprehensif tentang adopsi e-banking di lingkungan pedesaan.  

Keywords


E-banking; rural communities; financial literacy; infrastructure; security; benefits; financial policies

Full Text:

PDF

References


REFERENCES

Ahmad Munajim. (2022). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Terhadap Kepercayaan Pada Produk Perbankan Syariah. Syntax Idea, Vol. 2, No. 1, 1–10. https://doi.org/10.36418/syntaxidea.v2i1.119

APJII. (2024). APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. Www.Apji.or.Id, 8. https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang

Budi Rahardjo ;Khairul Ikhwan ;Alkadri Kusalendra Siharis. (2019). Pengaruh Financial Technology (Fintech) Terhadap Perkembangan Umkm Di Kota Magelang. In Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers, 347–356.

Budyastuti, T. (2021). Pengaruh financial technology dan literasi keuangan terhadap keberlangsungan usaha. Jurnal Online Insan Akuntan, 6(2), 167–178.

Eudora, D., Rampen, C., & Sihotang, J. I. (2021). Analisis Penggunaan Layanan Mobile Banking Terhadap Transaksi Pembayaran Menggunakan Metode Extended TAM Analysis of Mobile Banking Service Usage Towards Payment Transactions Using Extended TAM. Cogito Smart Journal |, 7(1).

Ghozali, & Imam. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang : UNDIP.

Goyal, K., & Kumar, S. (2021). Financial literacy: A systematic review and bibliometric analysis. International Journal of Consumer Studies, 45(1). https://doi.org/10.1111/ijcs.12605

Grohmann, A., & Menkhoff, L. (2020). The Relationship between Financial Literacy and Financial Inclusion. Deutsches Institut für Wirtschaftsforschung.

Jatmiko, L. D. (2020). APJII: 196,7 JUTA Warga Indonesia Sudah Melek Internet Leo. bisnis tekno. https://teknologi.bisnis.com/read/20201110/101/1315765/apjii-1967-juta-warga-indonesia-sudah-melek-internet

Jhon Fernos ;Mairizal Alfadino. (2021). Pengaruh Manfaat, Kepercayaan, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Layanan Mobile Banking Pada Pt. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat Cabang Koto Baru, Dharmasraya. Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta, Jil. 16 No.2, 115–125. https://doi.org/https://doi.org/10.37301/jmubh.v16i2.19032

Kheng, L. L., Mahamad, O., Ramayah, T., & Mosahab, R. (2010). The Impact of Service Quality on Customer Loyalty: A Study of Banks in Penang, Malaysia. International Journal of Marketing Studies, 2(2). https://doi.org/10.5539/ijms.v2n2p57

Leo R. Vijayasarathy. (2004). Predicting consumer intentions to use on-line shopping: The case for an augmented technology acceptance model. Information & Management, 41(6), 747–762.

Lina Zhou; Liwei Dai; Dongsong Zhang. (2007). Online shopping acceptance model - A critical survey of consumer factors in online shopping. Journal of Electronic Commerce Research, 8(1).

Madaniah, & Suprayitno. (2022). Pengaruh Penggunaan E-Banking dan Perlindungan Nasabah Terhadap Kepercayaan Nasabah dengan Literasi Keuangan sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(02).

Muzurura, J., & Chigora, F. (2019). Consumers’ Behavioural Intention to Adopt Mobile Banking in Rural Sub-Saharan Africa Using an Extension of Technology Acceptance Model: Lessons from Zimbabwe. International Journal of Business, Economics and Management, 6(6), 316–334. https://doi.org/10.18488/journal.62.2019.66.316.334

Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (n.d.). Layanan Digital Banking. sikapiuangmu.ojk. Diambil 18 Oktober 2024, dari https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/345

Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (2022a, September 22). Siaran Pers Survei Nasional Literasi Dan Inklusi Keuangan Tahun 2022. https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/siaran-pers/Pages/Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-Tahun-2022.aspx

Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (2022b, November 21). Pentingnya Literasi Dan Inklusi Keuangan Bagi Kita Semua!‟, Sikapiuangmu. https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/40780

Purwati, A. A., Libara, F., & Hamzah, M. L. (2020). An Analysis Of Customer Intention In Using Internet Banking. International Journal of Economics Development Research (IJEDR), 1(2). https://doi.org/10.37385/ijedr.v1i2.70

Ramlugun, V. G., & Issuree, H. (2014). Factors Determining Mobile Banking Adoption in Mauritius. International Journal Of Innovative Research & Development, 3(1).

REZZA RESITA HIMAWATI. (2018). Pengaruh Persepsi Manfaat Dan Persepsi Kemudahan Terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking Dengan Sikap Sebagai Variabel Intervening. http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5089

Sahdan, R., & Sardju, F. (2023). Financial Inclusion, Financial Literacy, And Financial Technology Impact On The Sustainability Of Micro, Small, And Medium Enterprises: A Study In The SMES Of Tidore Islands, Indonesia. International Journal of Economics Development Research, 4(3), 1814–1825.

Sugiyono. (2018). Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ying-Feng Kuo ;Chi-Ming Wu : Wei-Jaw Deng. (2009). The relationships among service quality, perceived value, customer satisfaction, and post-purchase intention in mobile value-added services. Computers in Human Behavior, 25(4), 887–896.




DOI: https://doi.org/10.21107/mediatrend.v20i1.28760



Copyright (c) 2025 Media Trend

Creative Commons License

Mediatrend © 2015 - Journal of Economic & Development Studies | Development Economics Program - Faculty of Economics and Bussiness, Trunojoyo University
DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR