Perilaku Konsumsi Rumah Tangga Dan Pengaruhnya Terhadap Kebijakan Makro Ekonomi Kabupaten Bangkalan

Henny Oktavianti

Abstract


Penelitian ini dilakukan sebagai upaya dalam merumuskan model konsumsi rumah tangga Islam. Pemfokusan pada rumah tangga Islam dinilai penting karena mayoritas penduduk Indonesia adalah Islam. Untuk menunjang hal tersebut peneliti mengambil lokasi penelitian di Pulau Madura (di seluruh kabupaten di Madura), karena wilayah ini mencerminkan kehidupan rumah tangga Islam, dimana nuansa religi Islam sangat kental.

Pemodelan konsumsi dinilai penting karena trend masyarakat/rumah tangga dalam keputusan berkonsumsi akan berpengaruh besar pada perekonomian. Faktor-faktor di luar ekonomi, seperti gaya hidup dan lingkungan sering sekali berpengaruh terhadap keputusan masyarakat untuk berkonsumsi. oleh karena itu penelitian ini diperlukan untuk menemukan kebijakan yang tepat menghadapi kondisi perilaku masyarakat yang sedemikian rupa.

Output yang ingin dihasilkan dalam penelitian ini adalah model konsumsi rumah tangga dan kebijakan makro ekonomi daerah. Oleh karena itu metodologi yang digunakan adalah kuantitatif dengan penggunaan regresi sebagai alat statistic serta menggunakan teknik ekplanatori (explanatory research).


Keywords


Konsumsi, Rumah Tangga, Makroekonomi.

References


___________. 1985. “Excess Sensitivity of Consumption to Current Income: Liquidity Constraints or Myopia?”, The Canadian Journal of Economics, 18(1).

__________________, 2003.Makroeconomics 5th Edition.New York and Basingstoke by Worth Publishers.

Browning, Martin dan Thomas F Crossley. 2001. “The Life-Cycle Model of Consumption and Saving”. The Journal of Economic Perspectives, 15(3). Published by American Economic Association.

Dornbusch, Rudiger dan Stanley Fisher. 1987. Macroeconomics. Sixth edition.m McGraw – Hill, Inc, New York.

Eilenstine, Donald dan James P Cunningham. 1972. Projected Consumption Patterns for a Stationary Population. JSTOR, Population Studies, 26(2).

Flavin, Marjorie. 1981. “The Adjustment of Consumption to Changing Expectations about Future Income”. Journal of Political Economy, 89(51). University of Chicago.

Hall, Robert. E dan Frederic S Mishkin. 1982. “The Sensitivity of Consumpton to Transitory Income: Estimates From Panel Data on Households”. Journal Econometrica, 50(2).

Jaeger, Albert. 1992. “Does Consumption Take a Random Walk? Some Evidence from Macroeconomic Forecasting Data”, The Review of Economics and Statistics, 74(4). Published by The MIT Press.

Konya, Istvan dan Ohashi Hiroshi. 2005. International Consumption Patterns Among High-Income Countries: Evidence From OECD Data. CIRJE Discussion Papers, March. University of Tokyo, Japan.

Mannan, M A, 1997. Teori dan Praktek Ekonomi Islam, Edisi Terjemahan. Dana Bhakti Wakaf, Seri Ekonomi Islam No. 02. Edisi Lisensi, Yogyakarta.

Mankiw, Gregory N. 1997. Makroeconomics 4th Edition. New York and Basingstoke by Worth Publishers.

Ratnawati, Nirdukita dan Rizki, Rulli. 2004. “Analisis Pengaruh Variabel Indikator Makro Ekonomi Terhadap Ekonomi Makro Indonesia, Pendekatan Pasar Barang dan Pasar Uang, Periode 1990.1 – 2003.4. Jurnal Media Ekonomi, 10(3). LPFE, Universitas Trisakti Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.21107/mediatrend.v12i1.2728



Copyright (c) 2017 Media Trend

Creative Commons License

Mediatrend © 2015 - Journal of Economic & Development Studies | Development Economics Program - Faculty of Economics and Bussiness, Trunojoyo University
DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR