Analysis of Investment Interest in Islamic Banks and Influencing Factors (A Study on Entrepreneurs in Sungai Penuh City)
Abstract
This research focuses on analyzing the investment interest of entrepreneurs in Sungai Penuh City, taking into account independent variables such as culture, trust, and service quality. The sampling method employed was simple random sampling, and data were obtained from 101 respondents who filled out the questionnaire both online and offline. The results of this study indicate the rejection of all three research hypotheses. Culture does not have a significant influence on investment interest. Trust also does not significantly affect investment interest. Additionally, service quality does not have a significant impact on investment interest. Overall, these findings affirm that statistically, culture, trust, and service quality do not have a significant influence on the investment interest of entrepreneurs in Sungai Penuh City.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abrori, I., & Khobsoh, S. (2019). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah deposito mudharabah pada Bank Syariah Mandiri yang terdaftar di Bank Indonesia periode 2010-2014. Assets : Jurnal Ilmiah Ilmu Akuntansi, Keuangan Dan Pajak, 3(2), 104–113. https://doi.org/10.30741/assets.v3i2.441
Agustin, D. N., & Hakim, L. (2022). Peran religiusitas sebagai variabel moderating pengetahuan, persepsi produk Bank Syariah dan literasi keuangan tehadap minat investasi syariah. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 10(2), 106–116. https://doi.org/10.26740/jpak.v10n2.p106-116
Albab, A. U., & Zuhri, S. (2019). Pengaruh manfaat, pengetahuan dan edukasi terhadap minat mahasiswa dalam berinvestasi di pasar modal syariah (Studi kasus pada mahasiswa IAIN Salatiga). Li Falah : Jurnal Studi Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(1), 129. https://doi.org/10.31332/lifalah.v4i1.1367
Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan. (2023). Ekonomi, keuangan, & fiskal (IV).
BPS. (2022a). Jumlah tenaga kerja menurut provinsi (orang) periode 2020-2022. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/NDQxIzI=/jumlah-tenaga-kerja-menurut-provinsi--orang-.html
BPS. (2022b). Penduduk bekerja menurut status pekerjaan utama dan jenis kelamin di Kota Sungai Penuh (jiwa). https://sungaipenuhkota.bps.go.id/indicator/6/61/1/penduduk-bekerja-menurut-status-pekerjaan-utama-dan-jenis-kelamin-di-kota-sungai-penuh.html
Dewi, P. (2020). Pengaruh edukasi pasar modal terhadap persepsi risiko dan minat berinvestasi masyarakat. KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 12(1), 75–83. https://doi.org/10.22225/kr.12.1.1848.75-83
Jualiansyah, A., Utami, D. S., Khumaidah, N., & Muttaqin, I. (2022). Pengaruh edukasi terhadap minat berinvestasi pasar modal syariah bagi kaum milenial di era revolusi industri 4.0. OIKONOMIKA : Jurnal Kajian Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 3(1), 73–85. https://doi.org/10.53491/oikonomika.v3i1.276
Judge, T. A., Erez, A., Bono, J. E., & Thoresen, C. J. (2002). Are measures of self-esteem, neuroticism, locus of control, and generalized self-efficacy indicators of a common core construct? In Journal of Personality and Social Psychology (Vol. 83, Issue 3, pp. 693–710). American Psychological Association. https://doi.org/10.1037/0022-3514.83.3.693
Kristina, A., Hadi, S., & Wijayanto, A. (2022). Pengaruh tingkat pendapatan, tingkat pendidikan, dan kepercayaan terhadap pengambilan keputusan investor milenial dalam berinvestasi di masa pandemi Covid-19 (Studi pada Komunitas Investor Tjuanmuda). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11, 666–673. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.35963
Kusmayadi, T. (2007). Pengaruh relationship quality terhadap loyalitas nasabah tabungan. STIE STAN Indonesia Mandiri, Jepara.
Lisdayanti, R., & Hakim, L. (2021). Pengaruh pengetahuan investasi syariah produk investasi syariah dan modal minimal mahasiswa terhadap minat investasi Bank Syariah dengan risiko investasi sebagai variabel intervening pada mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Kota Surabaya. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(1), 13–28. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Mas/index
Makmur Hasanuddin. (2016). Analisis pengaruh kualitas pelayanan, lokasi dan harga terhadap kepuasan nasabah melalui keputusan pembelian sebagai variabel intervening pada penjualan logam mulia emas. 4(1), 49–66.
Mudzingiri, C., Mwamba, J. W. M., & Keyser, J. N. (2018). Financial behavior, confidence, risk preferences and financial literation. Cogent Economics & Finance, 6(1), 1–25. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:73656933
Nur Asriana, Sofyan Bacmid, Syaifullah MS, & Abdul Jalil. (2021). Pengaruh persepsi dan modal minimal terhadap minat investasi di pasar modal syariah (Studi pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis islam IAIN Palu). Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 3(2), 82–100. https://doi.org/10.24239/jipsya.v3i2.50.82-100
Panday, R., & Nursal, M. F. (2021). The effect of service quality and customer service satisfaction on costumer loyalty. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 4(1), 171–180. https://doi.org/10.36407/jmsab.v4i1.300
Parawangsa, N. T., Sudaryanti, D., & Hariri. (2022). Pengaruh pengetahuan investasi dan kualitas pelayanan galeri investasi BEI FEB Unisma terhadap minat investasi di pasar modal syariah (Studi empiris pada mahasiswa perbankan syariah FEB Unisma angkatan 2018). Jurnal El-Aswaq, 16, 1–16.
Putra, D. A., & Triwardhani, D. (2023). Pengaruh kepercayaan, keamanan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pengguna Shopee di Kota Solok. Journal Pf Young Entrepreneurs, 2(2), 78–93.
Supiani, S., Rahmat, F., & Budiman, F. (2021). Pengaruh budaya dan persepsi masyarakat terhadap keputusan menabung di Bank Syariah. Al-Bank: Journal of Islamic Banking and Finance, 1(1), 49. https://doi.org/10.31958/ab.v1i1.2618
Syamratul Haida. (2022). Pengaruh pemahaman produk dan kualitas pelayanan terhadap minat masyarakat menabung di Bank Syariah Indonesia. Al-Hisbah Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1), 66–77. https://doi.org/10.57113/his.v3i1.216
Wibowo, A., & Purwohandoko. (2019). Pengaruh pengetahuan investasi, kebijakan modal minimal investasi, dan pelatihan pasar modal terhadap minat investasi (Studi kasus mahasiswa FE Unesa yang terdaftar di galeri investasi FE Unesa). Ilmu Manajemen, 7(1), 192–201. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/25386/23267
Woldometers. (2023). World populations. https://www.worldometers.info/world-population/
Yusuf, A., & Khatimah, H. (2020). Analisis minat deposan investasi di bank syariah.
DOI: https://doi.org/10.21107/mediatrend.v19i2.26508
Copyright (c) 2024 Media Trend