EVALUASI KINERJA PEREKONOMIAN REGIONAL DAN SEKTORAL DI KABUPATEN BANGKALAN MELALUI ANALISIS SHIFT SHARE

Kurniyati Indahsari

Abstract


Evaluasi kinerja perkonomian regional dan sektoral secara berkala dan rutin diperlukan untuk melihat indikasi apakah terdapat wilayah/region yang tertinggal atau maju di berbagai sektor maupun sektor-sektor yang tertinggal atau maju di berbagai wilayah. Melalui analisis shift share penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengevaluasi kinerja perekonomian regional dan sektoral di Kabupaten Bangkalan pada tahun 2002-2005, sehingga dapat diketahui: (1) tingkat perkembangan perekonomian kecamatan-kecamatan maupun sektor-sektor di Kabupaten Bangkalan; dan (2) sektor unggulan di setiap kecamatan.

Penelitian menunjukkan bahwa ada kesenjangan spasial antara kelompok kecamatan di bagian barat dan selatan (pertumbuhan ekonomi maju) dan kelompok kecamatan di bagian tengah dan timur (pertumbuhan ekonomi lamban). Pertumbuhan sektor sekunder dan terutama sektor tersier yang merupakan penunjang utama dalam proses industrialisasi ternyata tidak secepat/seproduktif yang diharapkan. Sektor yang memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian kabupaten justru memiliki pertumbuhan yang lamban.

Karenanya disarankan untuk memprioritaskan kelompok kecamatan di bagian tengah dan timur dalam pengembangan perekonomian Kabupaten Bangkalan. Disarankan pula untuk menerapkan industri dan bisnis berbasis pertanian (agroindustri dan agribisnis). Untuk kepentingan investasi disarankan untuk melakukan pengkajian lanjutan yang bertujuan untuk menentukan lokasi (sub kecamatan) dan komoditas (bukan sektor) unggulan di setiap kecamatan.  


Keywords


Analisis Shif Share; indikator ekonomi makro dan sektor unggulan

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2006. Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun 2005 dalam Berita Resmi Statistik No. 9 / IX / 15 Februari 2006.

Badan Pusat Statistik (BPS) dan Bappeda Kabupaten Bangkalan. 2006. Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Bangkalan Tahun 2005.

Budiharsono, S. 1985. Perencanaan Pembangunan Wilayah: Teori, Model dan Penerapannya.

Dornbusch, Rudiger dan Stanley Fischer. 1996. Makro Ekonomi. Penerbit Erlangga.

Indahsari, Kurniyati. 2001. Penentuan Prioritas Pembangunan Berdasarkan Tingkat Perkembangan Kecamatan dan Potensi Wilayah (Studi Kasus Kabupaten Bangkalan).

Samuelson, Paul A. Dan William D. Nordhaus. 1992. Makro Ekonomi, ed. 14. Penerbit Erlangga.

Seyfried, William. ____. Examining the Economic Competitiveness of the Economics of the Southern United States.

Todaro, Michael P. 1998. Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga, ed. 6, jilid 1. Penerbit Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.21107/mediatrend.v2i1.1714



Copyright (c) 2016 Media Trend

Creative Commons License

Mediatrend © 2015 - Journal of Economic & Development Studies | Development Economics Program - Faculty of Economics and Bussiness, Trunojoyo University
DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR