Konvergensi Konten Audio di Media Online (Studi Kasus Podcast Detik.com)

Irwan Nugroho, Irwansyah Irwansyah

Abstract


Detik.com meluncurkan podcast sebagai salah satu alternatif distribusi konten pada Februari 2020 lalu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang dan tujuan Detik.com menerbitkan konten audio podcast. Selain itu untuk mengetahui proses pembuatan podcast di Detik.com dan tantangan yang menyertainya. Konsep-konsep tentang podcast dan konvergensi media digunakan sebagai alat bantu analisis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan paradigma interpretif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa podcast dikembangkan Detik.com untuk memperluas variasi konten, medium distribusi konten, serta menciptakan pengalaman baru untuk para jurnalis dalam bercerita (storytelling). Podcast dipilih karena dinilai lebih fleksibel dibandingkan dengan radio. Podcast Detik.com ditargetkan untuk menambah jumlah pembaca muda dan membentuk engagement dengan mereka. Podcast menuntut para jurnalis Detik.com yang sebagian besar tidak mempunyai latar belakang penyiaran untuk menguasai beberapa skill dan pekerjaan sekaligus. Podcast Detik.com dibuat dengan proses yang sangat sederhana, cepat, dan tanpa biaya. Pendengar podcast Detik.com belum terlalu besar, namun konten audio tersebut telah berhasil menyasar kelompok muda. Podcast memberi pengalaman baru bagi pembaca Detik.com dalam mengonsumsi berita. Masa depan podcast serta prospek monetisasinya membuat Detik.com terus berupaya mengembangkan podcast.


Keywords


podcast, konvergensi media, audio, Detik.com

References


Albarran, A. B. (2013). Media management and economics research in a transmedia environment. Routledge.

Alten, R. S. (2014). Audio in Media (10th ed.). Wadsmorth.

Berry, R. (2016a). Part of the establishment: Reflecting on 10 years of podcasting as an audio medium. Convergence, 22(6), 661–671.

Berry, R. (2016b). Podcasting: Considering the evolution of the medium and its association with the word ‘radio.’ Radio Journal: International Studies in Broadcast & Audio Media, 14(1), 7–22.

Burns, T. M. (2007). The forecast for podcasts: sunny skies but not necessarily with clear visibility. Neurology, 68(15), E19–E20.

Creswell, J. W. (2009). Research Design, Qualitative, Quantitative, And Mixed Methods Approach (Third). Sage Publications Sage CA: Los Angeles, CA.

DailySocial & JakPat. (2018). Survei Penggunaan Layanan Podcast 2018.

Detikcom. (2020). Podcast Report (February-May).

Dwyer, T. (2010). Media convergence. McGraw-Hill Education (UK).

Edison Research. (2019). The Podcast Consumer 2019, A Report From The Infinite Dial.

Fidler, R. F. (1997). Mediamorphosis: Understanding new media. Pine Forge Press.

García Avilés, J. A., Meier, K., Kaltenbrunner, A., Carvajal, M., &

Kraus, D. (2009). Newsroom integration in Austria, Spain and Germany: Models of media convergence. Journalism Practice, 3(3), 285–303.

Geoghegan, M. W., & Klass, D. (2008). Podcast solutions: The complete guide to audio and video podcasting. Apress.

Grant, August. E, & Meadows, H. J. (2018). Communication Technology Update (16th ed.). Routledge.

Jenkins, H. (2006). Convergence Culture, Where Old Media dan New Media Collide. New York University Press.

Kumparan. (2019). Spotify Dorong Geliat Podcast di Indonesia. https://kumparan.com/millennial/spotify-dorong-geliat-podcast-di-indonesia-1ssTHyZWSIr

Llinares, D., Fox, N., & Berry, R. (2018). Podcasting: New aural cultures and digital media. Springer.

Lugmayr, Artur & Zotto, C. D. (2016). Media Convergence Handbook-Vol. 1. Journalism, Broadcasting, and Social Media Aspects of Convergence. Springer.

McHugh, S. (2014). Audio storytelling: Unlocking the power of audio to inform, empower and connect. Asia Pacific Media Educator, 24(2), 141–156.

Moleong, L. J. (2019). Metode penelitian kualitatif (Edisi Revisi). Rosda.

Neuman, W. L. (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approach (Seventh). Pearson.

Newman, N. (2020). Journalism, media and technology trends and predictions 2020.

Quinn, S. (2005). Convergence’s fundamental question. Journalism Studies, 6(1), 29–38.

Reuters. (2019). News Podcasts and the Opportunities for Publishers. Digital News Project.

Reuters Institute. (2019). How Young People Consume News and the Implications for Mainstream. https://reutersinstitute.politics.ox.ac.uk/our-research/how-young-people-consume-news-and-implications-mainstream-media

Tapsell, R. (2015). Platform convergence in Indonesia: Challenges and opportunities for media freedom. Convergence, 21(2), 182–197.




DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v15i1.9753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Irwan Nugroho

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Indexed by: