Peran Expert Endorser dalam Menyampaikan Informasi Rumah Syariah (Studi Kasus: Syeikh Ali Jaber pada Kampung Tahfidz Jatiluhur)
Abstract
Penelitian ini membahas peran ulama sebagai expert endorser dalam menyampaikan informasi mengenai rumah berbasis syariah. Hal ini dilandasi oleh ketertarikan peneliti karena adanya peningkatan 11,23 persen pada jumlah pembelian properti melalui sistem syariah. Tercatat bahwa Indonesia memiliki urutan negara ke 10 menurut Global Islamic Finance Development Indicator (IFDI) 2018 sebagai The Most Developed Islamic Finances Markets dari 131 negara di dunia. Para praktisi menilai, peluang ekonomi berdasarkan syariah dapat berpotensi untuk dikembangkan di Indonesia. Strategi pemasaran melalui media sosial seperti youtube dengan menggunakan model endorse menjadi trend baru saat ini. Objek dalam penelitian ini adalah Kampung Tahfidz Jatiluhur merupakan salah satu properti yang menggunakan konsep syariah dalam transaksi jual beli nya dan Syeikh Ali Jaber sebagai expert endorser. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan source model theory untuk menganalisis dan menginterpretasi expert endorser. Dalam pencarian data penelitian ini menggunakan wawancara dengan 5 informan. Dalam tahap penelitian, peneliti mengklasifikasi dan mengidentifikasi berdasarkan elemen-elemen source model theory setelah dihubungkan antara expert endorser dengan source model theory. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa expert endorser yang memiliki credibility dan attractiveness yang baik akan memberikan pemahaman yang baik mengenai produk maupun jasa, sehingga hal ini dapat meningkatkan daya tarik dari Kampung Tahfidz Jatiluhu.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afrizal. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers. Badan Pusat Statistik Indonesia. (2018). Statistical Yearbook of Indonesia
Ali, S. S., & Hasan, H. (2014, September 22). Towards a Maqasid al-Shariah based Development Index. 1-2. IRTI Working Paper Series. WP#1435-18. Jeddah, Kingdom of Saudi Arabia : Islamic Research And Training Institue.
AT&T. (2010). The Big Book of Marketing. (A. G. Bennett, Ed.) The McGraw Hill Companies .
Berty, T. T. (2019, Maret 30). Jokowi: Indonesia Negara Muslim Terbesar, Modal Utama Diplomasi Internasional. Di Akses Pada Juni 10, 2019, DiPeroleh dari Liputan6.com: https://www.liputan6.com/global/read/3930124/jokowi-indonesia-negara-muslim-terbesar-modal-utama-diplomasi-internasional
Biswas, D., Biswas, A., & Das, N. (2013, March). The Differential Effects of Celebrity and Expert Endorsments On Consumer Risk Perceptions. Journal of Advertising , 18-19. DOI: 10.1080/00913367.2006.10639231
Bungin, B. (2010). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Cermati.com. (2016, June 21). Kredit Tanpa Agunan. Diakses pada October 19, 2018, Diperoleh dari www.Cermati.com: https://www.cermati.com/artikel/mengenal-riba-dan-kaitannya-dengan- bunga-bank
Christiawan, R. (2019, March 9). My Article Tanggung Jawab Endorser. Diakses Pada May 17, 2019, swa online magazine, Diperoleh dari : https://swa.co.id/swa/my-article/tanggung-jawab-endorser
Dana Aditiasari. (2016, Mei 12). Properti. Januari 10, 2019, Diperoleh dari: finance.detik.com: https://finance.detik.com/properti/d-3209063/kpr-syariah-masih-minim-ini-alasannya
Daymon, C., & Holloway, I. (2011). Qualitative Research Methods in Public Relations and Marketing Communications (2 ed.). New York, United States of America: Routledge Taylor & Francis Group.
Kampung Tahfidz Jatiluhur. (n,d). Investasi Properti yang Menguntungkan Dipadukan dengan Kebun yang Produktif Di Kawasan Wisata yang Indah Waduk Jatiluhur. Diakses pada may 17, 2019, Di Peroleh dari : Kampung Tahfidz Jatiluhur: https://kampungtahfidzjatiluhur.com/
Khoirunisa, I. (2016, June 9). Tertarik Beli Rumah Syariah? Pelajari Dulu Konsepnya. Di Akses pada October 19, 2018, Di Peroleh dari : www.rumah.com: https://www.rumah.com/berita-properti/2016/6/127585/tertarik-beli-rumah-syariah-pelajari-dulu-konsepnya
Kotler, P., Amstrong, G., & Opresnik, M. O. (2018). Principles of Marketing (7 ed.). Harlow, United Kingdom : Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management 15 Global Edition. Edinburgh Gate, England: Pearson Education Limited.
Latief. (2014, April 01). Property Syariah Makin Diperhitungkan. Di Akses pada October 21, 2018, Di peroleh dari properti.kompas.com: https://properti.kompas.com/read/2016/04/01/183200921/Properti.Sya riah.Makin.Diperhitungkan.
Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2016). Ensiklopedia Teori Komunikasi. Jakarta: Kencana.
Majelis Ulama Indonesia. (2004). mui.or.id. Diakses pada 16 January 2019, Diperoleh dari : www.mui.or.id: https://mui.or.id/wp-content/uploads/2017/02/32.-Bunga-InterestFaidah.pdf
Muhammad. (2018). Bisnis Syariah: Transaksi dan Pola Pengikatannya. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Mulyo, P. D. (2016). Endorser Sebagai Affirmative Action Dalam Komunikasi Bisnis . Jurnal Nomosleca . Diperoleh dari : http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/n/article/view/621
Pawito, P. (2007). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.
Priyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama.
Pinariya, J. M., & Pracillia, E. (2014). CELEBRITY ENDORSEMENT ON ATTITUDE FORMATION Of BRAND SHAMPOO Research on Middle Class Consumer, Jakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi , 2, 5-6, ISSN: 2338-431X, Diperoleh dari: https://journal.budiluhur.ac.id/index.php/avantgarde/search/authors/view?firstName=Janette&middleName=M.&lastName=Pinariya&affiliation=&country=ID
Quthb, S. (2018). Tafsir Ayat-Ayat Riba: Mengupas Persoalan Riba Sampai Ke Akar-akarnya. Jakarta: Wali Pustaka.
Schiffman, L. G., & L.Wisenblit, J. (2015). Consumer Behavior (7 ed.). Edinburgh Gate , England : Pearson Education Limited
Sindonews.com. (2015, Februari 12). All About That BUZZ: The Power of Brand Endorsement or Build-in Branding. Diakses pada : May 17, 2019, Diperoleh dari Sindo News : https://ekbis.sindonews.com/read/963405/150/all-about-that-buzz-the-power-of-brand-endorsement-or-build-in-branding-1423709543
Soliha, E. (2011). Pengaruh Kredibilitas Sumber dan Rerangka Pesan Pada Persepsi Risiko Konsumen. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan , 2-3. Diperoleh dari : https://e-journal.unair.ac.id/JMTT/article/view/2422
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suherman, M. (2016, February 19). OPINI Mata Air dan Air Mata Seleb Endorser. Diakses pada : May 17, 2019, Diperoleh dari : liputan6.com: https://www.liputan6.com/showbiz/read/2440170/opini-mata-air-dan-air-mata-seleb-endorser
Sumardy, Silviana, M., & Melone, M. (2011). The Power of Word Of Mouth Marketing . Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Suyanto, M. (2018). Muhammad Marketing Strategy: Strategi Pemasaran Ala Nabi Muhammad SAW. Yogyakarta: ANDI OFFSET.
Tempo.co. (2017, 08 24). BISNIS. Diperoleh 11 13, 2018, dari : bisnis.tempo.co : https://bisnis.tempo.co/read/902993/penjualan-properti-terus-naik-hingga-2018-termasuk-apartemen/full&view=ok (IMAM HAMDI)
Thomson Reuters. (2018). Islamic Finance Development Report 2018 Building Momentum. Thomson Reuters. Thomson Reuters.
Viva.co.id. (nd). Profil Syeikh Ali Saleh Muhammad Ali Jaber. (diakses pada tanggal berapa) Diperoleh dari : https://www.viva.co.id/siapa/read/125-syekh-ali-jaber
Waluya, B. (2009). Sosiologi Menyelami Fenomena Sosial Di Masyarakat. PT Setia Purna Inves.
Word of Mouth Marketing Association. (n.d.). Diakses pada : Mei 2, 2019 Home: Womma Pedia.: Womma Pedia: Diperoleh dari : http://wommapedia.org/
DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.8211
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Dzaky Hasyim, Janette Maria Pinariya, Priambodo Idris
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Komunikasi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.