Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang

Dwi Putri Robiatul Adawiyah

Abstract


Semakin banyaknya pengguna media sosial TikTok pada remaja di Indonesia tentu akan berpengaruh terhadap salah satu tahap perkembangan remaja yakni mengenai kepercayaan diri. Memiliki kepercayaan diri sangat penting hal ini dikarenakan seorang remaja akan mampu untuk menilai diri sendiri dan melakukan suatu pekerjaan secara efektif di dalam kehidupannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan paradigma positivistik. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner sesuai dengan kriteria sampel yang telah ditentukan. Sampel pada penelitian kali ini yakni remaja dengan usia 15-19 tahun di Kabupaten Sampang. Tinjauan pustaka ini dimulai mengenai penggunaan media sosial TikTok sampai pengaruhnya terhadap kepercayaan diri remaja yang kemudian berhubungan dengan teori uses and gratification. Teori ini menjelaskan mengenai konsekuensi keterlibatan individu secara aktif maupun kurang aktif dalam media. Setiap individu memiliki tingkat kebutuhan yang berbeda dalam menggunakan media. Salah satu kebutuhan yang ingin dipenuhi seseorang yakni mengenai peningkatan kepercayaan diri. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media sosial TikTok terhadap kepercayaan diri remaja sebesar 54,5 %.


Keywords


Media Sosial TikTok, Kepercayaan Diri, dan Teori Uses and Gratification

References


Atmaja, S., & Dewi, R. (2018). Komunikasi Organisasi (Suatu tinjauan Teoritis dan Praktis). Inter Komunika Jurnal Komunikasi, 3(2), 192–206.

Arikunto, S. (2014). Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Blair, Burnette C., A., Kwitowski Melissa, E., Mazzeo Suzanne. (2017). I don’t need people to tell me I’m pretty on social media: “a qualitative study of social media and body image in early adolescent girls. An International Journal of Research Elsevier, p. 114-125.https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S174014451730102X

Bungin, Burhan. (2017). Edisi Kedua Metode Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Kencana.

Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan. Bandung: Rosdakarya.

Emia fitri, dkk, “Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi”, Nomor 1 (Juli, 2018), Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Jakarta: Erlangga.

Fachrul Nurhadi, Zikri. (2017). Teori Komunikasi Kontemporer. Depok: Kencana.

Hadi, Sutrisno. (2000). Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Andi Yogyakarta

Hariansyah. (2018). Millenials “Bukan Generasi Micin”.Jakarta: Guepedia.

Imron, R. M. (2018). TikTok Jadi Aplikasi Terbaik di Play Store. https://inet.detik.com/mobile-apps/d43

/tiktok-jadi-aplikasi-terbaik-di-play-store.

Kartini, Sri. (2019). Krisis Percaya Diri. Semarang: Mutiara Aksara.

Kusuma, P. W. (2020). Di Balik Fenomena Ramainya TikTok di Indonesia, https://tekno.kompas.com/read/2020/02/25/11180077/di-balik-fenomena-ramainya-tiktok-di-indonesia?page=all

Mona, Khattab. (2019). “Synching and performing : body (re) presentation in the short video app Tik-Tok”. Journal Osuva University of Vaasa. 16. 1. https://osuva.uwasa.fi/bitstream/handle/10024/10471/Osuva_Khattab_2019.pdf?sequence=2&isAllowed=y.

Riyanto S., Aglis Andhita. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Penidikan dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish.

Ramdhani, N. 1991. Harga Diri dan Tingkat Kecemasan pada Mahasiswa yang Sulit Bergaul. Laporan Penelitian. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.

Romli, Khomsahrial. (2016). Komunikasi Massa. Jakarta : Gramedia.

S. Azwar. Realibilitas dan Validitas. 2000. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Santoso, S. (2003). Mengatasi Berbagai Masalah Statistik. Jakarta: Gramedia.

Singgih, Yulia. (2008). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Sri Susanti, Dewi dkk. (2019). Analisis Regresi dan Korelasi. Malang: IRDH.

Sugiyono. (2006). Statistika Untuk Penelitian. Bandung:Alfabeta

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surya, Hendra. (2007). Percaya Diri itu Penting. Jakarta: Gramedia.

W. Gerungan. Psikologi Sosial. 2004.Bandung: Rafika Aditama.

West, Richard. (2008). Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi Edisi 3. Jakarta: Salemba Humanika.




DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.7504

Refbacks



Copyright (c) 2020 Dwi Putri Robiatul Adawiyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Indexed by: