Cyber Public Relations Melalui Microblogging Dalam Menjaga Citra PemProv DKI Jakarta

Halimatus Zahro Yananingtyas, Irwansyah Irwansyah

Abstract


Pada era digital setiap instansi pemerintahan mempunyai jalan yang tertentu untuk meningkatkan citra lembaga pemerintahan.  Lembaga Pemerintahan, harus terus mengikuti perkembangan teknologi yang telah ada di tengah masyarakat. Sehingga, engagement masyarakat terhadap Lembaga Pemerintahan tersebut meningkat, pada akhirnya berguna untuk meningkatkan citra dari setiap Lembaga Pemerintahan tersebut. Pada era digitalisasi, Internet dan media sosial akan memberikan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Begitu pula pada perusahaan  maupun instansi harus lebih efektif dalam menggunakan internet dan media sosial untuk membangun hubungan antara masyarakat dan perusahaan maupun instansi tersebut. Cyber Public Relations sebuah istilah dalam bidang Public Relations yang digunakan untuk menyampaikan informasi informasi kepada publik. Ada beberapa cara untuk menyampaikan informasi yaitu melalui media sosial dan juga website. Salah satu cara yaitu dengan memberikan informasi melalui micro-blog yang menjadi salah satu andalan media sosial untuk memberikan interaksi langsung dan informasi langsung kepada masyarakat melalui akun akun resmi setiap Lembaga Pemerintahan Karena hal tersebut maka, tujuan dari penelitian ini membahas mengenai Cyber Public Relations di Lembaga Pemerintahan memberikan informasi melalui microblogging Public Relations dan bagaimana citra lembaga pemerintahan DKI Jakarta di mata warga Jakarta. Karena hal inilah tingkat keberhasilan Cyber Public Relations dapat dilihat dari sisi eksternal Lembaga Pemerintahan yaitu dari sisi warga DKI Jakarta. Karena pada hakikatnya Public Relations harus mampu mengatur media sosial untuk dapat menyampaikan informasi dan juga menjaga citra harus dapat mengoptimalisasikan penggunaan media sosial secara benar dan optimal. Metode penelitian kualitatif deskriptif, menjadi metode yang dipilih untuk memaparkan mengenai Cyber Public Relations. Hasil pada penelitian ini memaparkan bahwa Cyber Public Relations melalui microblogging adalah salah satu cara yang optimal untuk memaparkan informasi kepada masyarakat DKI Jakarta, serta citra positif yang hadir pada akun @dkijakarta patut untuk dijaga dengan memperbaiki komunikasi antara masyarakat dengan lembaga pemerintahan agar kepercayaan masyarakat kepada lembaga pemerintahan tetap terbentuk

Keywords


Cyber Public Relations; Micro-Blog; Citra; Lembaga Pemerintahan

References


Ardianto, E., & Soemirat, S. (2012). Dasar-Dasar Public Relation, cetakan. Ketiga. Bandung: Remaja Rosdakarya xvi.

Baruah, T. D. (2012). Effectiveness of social media as a tool of communication and its potential for technology enabled connections: A micro-level study. International Journal of Scientific and Research Publications, 2 (5), 1 - 10.

Boyd, D. M., & Ellison, N. B. (2008). Social Network Sites: Definition, History, and Scholarship. Journal of Computer-Mediated Communication, 13, 210 - 230.

Creswell, J. (2008). Educational Research. Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. United States: Pearson- Prentice Hall

Cutlip, S. M. Center Dan Broom. (2006). Effective Public Relations. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Effendy, O. U. (1984). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya

Holtz, S. (2002). Public relations on the Net: winning strategies to inform and influence the media, the investment community, the government, the public, and more! Amacom Books.

Katz, Bernard. (1994). Komunikasi Bisnis Praktis. Penerjemah: Soeharsono. Jakarta: Pustaka Benaman Presindo

Littlejohn, Stephen W. & Foss, Karen A. (2011). Theories of Human Communication (8th Ed, Illinois: Waveland Press Inc

Moore, Frazier, (2004). Humas: Membangun Citra dengan Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, R. (2016). Media sosial; perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Onggo, Bob Julius. (2004). Cyber Public Relations. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Phillips, D., & Young, P. (2009). Online Public Relation ss A practical guide to developing an online strategy in the world of social media, Second Edition. London: Kogan Page Publishers.

Putra, M. A. S., & Anshari, F. (2016). Cyber Public Relations dalam Klub

Sepakbola di Indonesia: Studi Pada Persija Jakarta. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 7(1), 43-54.

Raco, J. R. (2010). Metode Kualitatif (Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya), Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Ruslan, Rosady. 2001. Manajemen Humas & Manajemen Komunikasi: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Seitel, F. P. (2017). Practice of Public Relations. London: Pearson Education.

Soemirat, S. & Elvinaro Ardianto. (2010). Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sutrisno, E., & Rahmanto, A. N. (2019). The Communication of Cyber Public Relation (CPR) Bureaucracy in the Field of Social Media. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 6(3), 693-697.

Van Dijk. (2013). The Network Society. London: SAGE Publications.

Zamroni, M. (2009). Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Dampaknya Terhadap Kehidupan. Jurnal Dakwah, 10(2), 195-211




DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.7456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Halimatus Zahro Yananingtyas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Indexed by: