Pengaruh Penggunaan Tagline KFC "Jagonya Ayam!" Terhadap Pembentukan Brand Association
Abstract
Restoran cepat saji yang semakin menjamur di Indonesia membuat persaingannya semakin ketat. Masing-masing restoran cepat saji harus memiliki keunggulan strategi pemasaran untuk mempertahankan keberadaan mereknya dan dapat tetap bersaing. KFC, salah satu restoran cepat saji di Indonesia yang menggunakan tagline sebagai strategi pemasarannya. Penggunaan tagline yang efektif dapat membentuk brand association yang berguna membentuk makna dibenak konsumen terhadap brand KFC. Maka diperlukan penelitian yang dapat mengkaji hubungan antara penggunaan tagline terhadap pembentukan brand association pada konsumen KFC Bintaro Sektor 9. Pengumpulan data menggunakan cara penyebaran kuesioner sesuai sampel yaitu 100 konsumen KFC. Tinjauan pustaka dimulai dari penjelasan konsep komunikasi pemasaran, dilanjutkan konsep tagline, lalu konsep brand association hingga teori brand personal resonance. Uji yang dilakukan menggunakan rumus Pearson dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara penggunaan tagline dan pembentukan brand association tergolong kuat karena berpengaruh 44% serta nilai korelasi antara Variabel X dan Y yaitu 0,644.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aaker, D. A. (1994). Managing Brand Equity. New York : The Free Press.
Abidin, D. Y. (2015). Metode Penelitian Komunikasi Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Bandung: CV Pustaka Setia
Azwar, S. (1998). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Candra, Y. (2005). Pengaruh Penggunaan SLogan pada Iklan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen. Studi Kasus pada KFC Galeria Mall Yogyakarta. Diambil kembali dari https://repository.usd.ac.id/13612/2/012214061_Full.pdf
Creswell, J. W. (2014). Research Design. Singapore: SAGE Publications Ltd.
Goyal, A., & Singh, N. P. (2007). Consumer Perception About Fast Food in India: An Exploratory Study. British Journal Food.
Guba, E. G., & Lincoln, Y. S. (1994). Competing Paradigm in Qualitative Research. California: SAGE Publications.
Indriantoro, & Supomo, B. (1999). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen (1 ed.). Yogyakarta: BPFE.
Keller, K. L. (1993). Conceptualizing, Measuring, and Managing Costumer-Based Brand Equity. Journal of Marketing , 1-22.
KFC Indonesia. (2012). Kegiatan Usaha Perusahaan. Dipetik 2018, dari KFC INDONESIA: http://www.kfcindonesia.com/kegiatan-usaha-perusahaan
KFC. (2012). KFC Indonesia. Dipetik March 2018, dari kfcindonesia.com: http://www.kfcindonesia.com/kegiatan-usaha-perusahaan
Lake, L. (2017, September 04). The Marketing Definition of Tagline . Dipetik March 2018, dari thebalance.com: https://www.thebalance.com/what-is-a-tagline-4017760
Marmer, D. (2013). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Event dalam Pembentukan Brand Equity. Diambil kembali dari http://e-journal.uajy.ac.id/4317/1/1KOM03384.pdf
Masri, S., & Effendi , S. (1995). Metode Penelitian Survey (Revisi ed.). Jakarta: Pustaka LP3ES.
Neuman, W. L. (2003). Social Research Method: Qualitative and Quantitative. Boston: Allyn and Bacon.
Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, & Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.
Putra, I. D. (2012). Analisis Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek, dan Loyalitas Merek yang Mempengaruhi Ekuitas Merek Produk Handphone Nokia.
Resito, H. (1992). Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Schmitt, B. H., & Rogers, D. L. (2008). Handbook on Brand and Experience Management. Cheltenham: Edward Elgar Publishing Limited.
Singarimbun, M., & Effendi, S. (1989). Metode Penelitian Survei . Jakarta: LP3ES.
Siregar, S. (2013). Statistik Parametik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Stokes, J. (2003). Panduan untuk Meaksanakan Penelitian dalam Kajian Media dan Budaya. Yogyakarta: BENTANG .
Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: KENCANA.
West, R., & Turner, L. H. (2008). Pengantar Teori Komunikasi . (A. d. Aplikasi, Penyunt.) Jakarta: Salemba Humanika.
DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i1.5548
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Vanya Kirana, Vidya Fitri Ferdiansyah, Melisa Arisanty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Komunikasi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.