SOSIALISASI CIRI-CIRI KEASLIAN UANG RUPIAH OLEH BANK INDONESIA KPW JAWA BARAT DALAM MENGURANGI PEREDARAN UANG PALSU DI PERBANKAN

Mellia Agustiyani, Hanny Hafiar, Evi Novianti

Abstract


ABSTRAK
Bank Indonesia merupakan lembaga independen yang mewajibkan untuk mensosialisasikan ciri keaslian uang rupiah atau sosialisasi CIKUR “Ciri-ciri Keaslian Uang Rupiah”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fase dari model of small group socialization di Bank Indonesia KPw Jawa Barat. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan data kualitatif. Pengumpulan data
penelitian dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukan bahwa Asisten Manajer I Bank Indonesia KPw Jawa Barat yang berperan sebagai pengawas serta pelaksana sosialisasi CIKUR mulai dari fase pendahuluan, fase antisipasi, fase pertemuan, fase asimilasi, dan fase keluar. Pada fase pendahuluan, fase asimilasi, dan fase keluar, analisis demografi, identifikasi kelompok, evaluasi dan apresiasi yang dilakukan belum optimal. Dari hasil penelitian ini, saran yang diberikan adalah lembaga sebaiknya melakukan analisis demografi secara spesifik yaitu usia, ras dan gender, identifikasi kelompok evaluasi dan apresiasi agar tujuan utama sosialisasi dapat tercapai.


Keywords


Fase, Sosialisasi, Model Sosialisasi Kelompok Kecil, Deskriptif, Kualitatif.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arni, Muhammad. 2011. Komunikasi Organisasi.Jakarta: Bumi Aksara

Barker, Chris. 2009. Cultural Studies, Teori dan Praktik, Jogjakarta: Kreasi Wacana

Betz, M. O. 1989. ‘Gender Differences in Proclivity for Unethical’, Vol. 8. Journal of Business Ethics , pp. 321-324

Crain, William. 2007. Theories of Development, Concepts and Applications (third ed.). Trans. Yudi Santoso. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori Dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra

Aditya Bakti. Forsyth, D.R. 1983. An introduction to group

dynamics. California: Brooks/Cole Publishing Company

Haslam, S Alexander. 2001. Phsychology in Organizations. London: SAGE Publications Ltd

Moh Nazir. 2011. Metode Penelitian. Cetakan 6. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia

Moleong, Lexy, J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya

Munir, B. 2001. Dinamika Kelompok, Penerapannya dalam

Laboratorium Ilmu Perilaku. Jakarta: Universitas Sriwijaya.

Myers. 2007. Chapter 2: The Small Group Socialization Process. P.31-34

Nassaluka, E. U. R., Hafiar, H., & Priyatna, C. C. (2016). Model Kemitraan PT. Holcim Indonesia Tbk. Jurnal Profesi Humas,

(1), 22–34.

Nurtyasrini, S., & Hafiar, H. (2016). Pengalaman Komunikasi Pemulung Tentang Pemeliharaan Kesehatan Diri Dan Lingkungan Di TPA Bantar Gebang. Jurnal Kajian Komunikasi,

Pawito. 2007. Penelitian Komunikasi Kualitatif . Yogyakarta. PT Lkis

Rohanda, R. (2013). Landasan Ilmiah Ilmu Informasi Perpustakaan dalam Perspektif Ilmu Komunikasi Jurnal Kajian

Informasi & Perpustakaan, 1(1), 9–20.

Sendjaja, S Djuarsa. 1994. Teori Komunikasi. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Sutrisno, Edi. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group




DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v12i2.4512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Mellia Agustiyani, Hanny Hafiar, Evi Novianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Indexed by: