Event Tourism sebagai Branding dan Strategi Pemulihan Ekonomi Masyarakat Kamal pada Masa Transisi Endemi Covid-19
Abstract
Kamal adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Kamal Bangkalan Madura. Sebagai Desa yang berhadapan langsung dengan Kota Surabaya, Kamal memiliki histori penting pada kemajuan Madura, Bahkan Kamal pernah menjadi pusat perekonomian di Madura. Kita tahu sejak berdirinya jembatan Suramadu disusul pandemi covid 19 perekonomian disana tidak stabil. Pada prespektif lain memang betul keberadaan pelabuhan di Desa Kamal merupakan sumber kekuatan utama pada perekonomian masyarakat, namun desa ini masih memiliki daya tarik wisata yang belum disadari oleh masyarakat disana. Penulis pernah melakukan riset, dan hasilnya terbukti bilamana di Desa Kamal terdapat kegiatan pasti ramai dan mendapat dukungan dari instansi terkait. Artinya konsep event tourism merupakan strategi dalam pemulihan ekonomi masyarakat Kamal sendiri dimasa Transisi endemi Covid 19.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Allen, J., O’Toole, W., Harris, R., & McDonnell, I. (2011) .Festival and Special Event Management. Australia:John Wiley & Sons.
Andrews, Lorraine, Agnes Higgins, Michael Waring Andrews, and Joan G. Lalor. (2012). Classic Grounded Theory to Analyze Secondary Data: Reality and Reflections. The Grounded Theory Review. Volume 11, Issue 1.pg 12-26
Any, Noor. (2009). Management Event. Bandung: Alfabeta
Anholt, Simon. 2007. Competitif Identity: The New Brand Management for Nations, Citiesand Regions. USA: Palgrave Macmillan.
Çelik, Serkan and Mehmet Yavuz Çetinkaya. 2013. Festival in Event Tourism: The Case of International Izmir Art Festival. International Journal of Contemporary Economics and Administrative Sciences. Vol. 3. pp 1-21.
Christie Mill, Robert. 2000. Tourism The Internacional Bussines. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Hoyle, Leonard H. 2002. Event marketing : how to successfully promote events, festivals, conventions, and expositions. New York: John Wiley & Sons, Inc.
Getz, D. 2008. “Event Tourism : Definition, evolution, and research” tourism managemen, Vol. 29. N0.3 PP.403-28
Getz,D.2007. Event studies : Theory, Research and policy for plannet event, elsevier oxford. Butterworth-helnemann
Goldblatt, J. (2013). Special Events. New York: John Wiley and Sons
Kotler, Philip (2000). Prinsip – Prinsip Pemasaran Manajemen, Jakarta: Prenhalindo
K.L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi kedua belas. jilid 1. PT Index. kelompok Gramedia. Jakarta.
Kotler, Philip &Keller, Kevin Lane. Tanpa tahun. Manajemen Pemasaran Jilid 2Edisi 13. Terjemahan oleh Bob Sabran. 2009. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. Tanpa tahun. Manajemen Pemasaran Jilid 1. Edisi 13. Terjemahan oleh Bob Sabran. 2009. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Philip Kotler, 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v16i2.18044
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Fachrur Rozi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Komunikasi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.