Pola Penyusunan Pesan Di Media Instagram Terkait Destinasi Wisata Semarang Dimasa Pandemi Covid-19
Abstract
Pesan terkait promosi tempat wisata selama masa pandemi penting dalam menanamkan brand tempat wisata di kognitif khalayak. Harapannya saat pandemi usai, khalayak memiliki referensi tempat tempat yang akan dikunjungi. Pesan pada media instagram diangkat karena media ini memiliki kelebihan dalam menanamkan awarenes brand dengan kekuatan fitur yang dimilikinya.Tujuan penelitian ingin mengetahui pola penyusunan pesan wisata di media instagram selama pandemi covid-19. Batasan penelitian terkait pesan destinasi wisata yang ada di kota Semarang pada Januari hingga Agustus 2021. Kota Semarang dipilih karena kota ini mengalami transisi dari semula sebagai kota perdagangan menjadi salah satu kota tujuan wisata baru. Metode penelitian secara kualitatif dengan mengamati akun instagram dengan hastaq #destinasiwisatasemarang dan #wisatasemarang dan terambil 10 akun instagram populer baik dari jumlah followers, viewers atas postingan dan interaksinya. Pengamatan dilakukan pada unggahan postingan feeds dan pesan pada captions. Hasil pengamatan dianalisa dengan menggunakan teori compliance gaining. Hasilnya terdapat 4 pola penyusunan pesan wisata yang muncul yaitu dengan menggunakan pola rewarding, punishing, impersonal commitments dan Personal commitments. Pola penulisan secara expertise untuk menarik pembaca belum muncul.Kondisi ini dipengaruhi oleh masa pandemic yang menyebabkan orang terbatas dalam melakukan mobilisasi sehingga menggunakan public figure untuk membantu promosi wisata masih terbatas.Terdapat juga penyusunan pesan dengan pendekatan informatif.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adawiyah, D. P. R., & Arif, M. C. (2021). Strategi Komunikasi Pemerintah Kabupaten Sampang Dalam Merukunkan Penganut Sunni-Syiah. Jurnal Komunikasi, 15(2), 131–144. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/ilkom.v13i2
Adnjani, M. D., & Mubarok. (2014). Model Penanganan Ideologi Radikal Berdasar Komunikasi Efektif Orang Tua Anak, Peran Peer Group dan Konsep Diri. Komunikator, 6(02). https://journal.umy.ac.id/index.php/jkm/article/view/219/182
Chloridiany, A. (2021). Social Media Marketing Strategy of Indonesian Tourism in The Time of Pandemic. E-Journal of Tourism, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.24922/eot.v8i1.71445
Chung, N., & Han, H. (2017). The relationship among tourists’ persuasion, attachment and behavioral changes in social media. Technological Forecasting and Social Change, 123, 370–380. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2016.09.005
Handini, V. A., Choiriyati, W., & Ali, P. M. (2019). Model Compliance Gaining Dalam Komunikasi Pilpres 2019 Bagi Milenial Di Media Sosial. Comnews, 103–114. https://proceeding.umn.ac.id/index.php/COMNEWS/article/view/1084
Kajian Dampak Sektor Pariwisata Terhadap Perekonomian Indonesia. (2019). Kemenparekraft. https://kemenparekraf.go.id/post/kajian-dampak-sektor-pariwisata-terhadap-perekonomian-indonesia
Kota Semarang Jadi Destinasi Wisata Paling Dicari Di Google. (2018). Desember. http://semarangkota.go.id/p/400/kota_semarang_jadi_destinasi_wisata_paling_dicari_di_google#
Lazuardi, B. (2021). Tren Pariwisata Indonesia Di Tengah Pandemi. Agustus. https://kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/Tren-Pariwisata-Indonesia-di-Tengah-Pandemi
Lesmana, I. G. P. Y., & Purwanti, P. A. P. (2020). Penyerapan Tenaga Kerja Pada Sektor Pariwisata Di Kabupaten Badung. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 9(4), 843–872.
Marwell, Gerald Schmitt, D. (1967). Dimensions Of Compiliance Gaining Behavior:An Empirical Analysis. Sociometry, 30(4), 350–364. http://www.jstor.org/stable/2786181 .%0D
Mayring, P. (2000). Qualitative Content Analysis. 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.17169/fqs-1.2.1089
Mukaromah, M., & Kumalasari, A. (2020). Identitas Bangunan Kota Lama Sebagai Bagian Komunikasi Persuasi Dalam Pariwisata. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 6(02), 235–250. https://doi.org/10.33633/andharupa.v6i02.3642
Richard M. Perloff. (2017). The Dynamics of Grace The Dynamics of Grace (sixth edit). Routledge.
Susanti, I. (2020). Promosi Pariwisata Indonesia Jalan Terus di Tengah Pandemi. https://ekbis.sindonews.com/read/241152/34/promosi-
pariwisata-indonesia-jalan-terus-di-tengah-pandemi-1606014698
Uli/sfr. (2020). Jokowi Anggarkan Rp 14,4 T Demi Pulihkan Pariwisata 2021. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20200814150522-532-535806/jokowi-anggarkan-rp144-t-demi-pulihkan-pariwisata-2021
DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v16i1.13627
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Mukaromah Mukaromah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Komunikasi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.