Analisis Komunikasi Keluarga dalam Mentransformasikan Nilai-Nilai Budaya To Lotang di Kabupaten Sidrap

Tuti Bahfiarti, Isfaiqatul Chotimah, Dhia Naufalina Ilmi, Anggriani Anggriani

Abstract


Komunitas To Lotang memiliki spesifikasi keunikan dalam mentransformasi sistem budaya, nilai, kepercayaan dan keyakinan dari generasi ke generasi. Komunitas To Lotang konsisten mempertahankan identitas, kepercayaannya, dan nilai-nilai budayanya. Faktor orang tua berperan penting dalam mentransfer nilai-nilai budaya To Lotang dari terpaan modernisasi. Tujuan penelitian adalah menganalisis komunikasi keluarga dalam mentransformasi nilai-nilai budaya To Lotang di Kabupaten Sidrap. Metode penelitian adalah kualitatif, mengacu pada studi kasus yang secara spesifik mendeskripsikan perilaku subjek keluarga To Lotang dalam mendidik dan mentransformasi nilai-nilai budaya. Lokasi penelitian di Kecamatan Amparita, Kabupaten Sidrap, Provinsi Sulawesi Selatan sebagai tempat berdomisili komunitas To Lotang. Informan penelitian dipilih melalui purposive sampling dengan menentukan tujuh keluarga To Lotang yang konsisten mendidik anak-anak memahami budaya di lingkungannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses transformasi nilai-nilai budaya melalui tahapan melihat, membiasakan, dan menstimuli anak-anak dalam prosesi-prosesi ritual adat. Ketiga, tahap memberikan pemahaman dengan cara berkomunikasi melalui tudang sipulung (duduk bersama). Ketiga, tahapan keterlibatan aktif anak-anak dalam prosesi ritual mulai persiapan sampai pelaksanaannya. Keempat, tahap mengingatkan implementasi ajaran dari Uwa’ta atau orang yang dituakan. Kontribusinya pada pelestarian nilai-nilai budaya To Lotang sangat identic melalui organisasi terkecil, seperti lingkungan keluarga.


Keywords


komunikasi keluarga; To Lotang; nilai budaya; Kabupaten Sidrap

Full Text:

PDF

References


Ahsanul Khalikin, “Eksistensi dan Perkembangan Kepercayaan Towani Tolotang di Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sidenreng Rappang”, Jurnal, (Puslitbang Kehidupan Keagamaan, 2011).

Bogdan, Robert dan Steven J Taylor. 1993. Kualitatif Dasar-Dasar Penelitian (Terjemahan). Surabaya: Usaha Nasional.

Devito, Joseph A. 2011. Komunikasi Antarmanusia. Tangerang Selatan: KARISMA Publishing Group

Eadie, William F. (Eds). (2009). 21stCentury Communication: A Reference Book. California: SAGE Publications, Inc.

Farmalindah, “Komunitas Towani Tolotang Di Amparita Kabupaten Sidenreng Rappang (Studi Kasus Pola Pendidikan Beragama)”, Jurnal, 2012.

Haslindah. 2017. Strategi Komunikasi Penganut Kepercayaan To Lotang dalam Menjaga Hubungan Harmonis dengan Masyarakat di Kelurahan Amparita Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sidenreng Rappang. Skripsi (Universitas Islam Negeri Alauddin) (Tidak Diterbitkan, 2017).

Littlejohn, Stephen W & Karen A. Foss.2009. Teori Komunikasi, edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika

Mahmud Tang, Safriadi. 2018, Perilaku Politik Towani Tolotang di Amparita Kabupaten Sidenreng Rappang. Dalam jurnal Etnosia: Jurnal Etnografi Indonesia

Morissan, dan Andy Corry Wardhany. 2013. Teori Komunikasi (Tentang Komunikatir, Pesan, Percakapan, dan Hubungan). Bogor: Ghalia Indonesia

Miles, M. ., Huberman, A. ., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. Sage Publications.

Neuman, L. W. (2006). Social Research Methods Qualitative and Quantitative Approaches. Pearson Education, Inc.

Nasruddin, “Budaya Bugis dan Agama Hindu Tolotang di Kelurahan Amparita Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sidrap (Kajian Antropologi Budaya)”, Jurna l (Al-Kalam Vol. VIII, 2014).

Rusli, Muhammad. 2012. Kearifan Lokal Masyarakat Towani Tolotang Di Kabupaten Sidenren Rappang. Dalam Jurnal Al- Ulum Volume. 12,

Reardon KK 1987. Interpersonal Communication Where Winds Meet. Wadsworth Publishing Company, California.

Risal, Ahmad “Sejarah Tolotang”, Makkawaruwe.blogspot.com. http://makkawaruwe.blogspot.com/20/15/02/sejarah-tolotang.html,%20diakses%20tanggal%2028%20Juni%202017.

Sari, Hubeis, Mangkuprawira, dan A. Saleh. Komunikasi Keluarga dalam Fungsi Sosialisasi Keluarga terhadap Perkembangan Anak. Jurnal Komunikasi Pembangunan ISSN 1693-3699 Juli 2010, Vol. 08, No. 2.

Tubbs, Stewart L., dan Sylvia Moss. (2005). Human Communication: Prinsip-Prinsip Dasar. Diterjmahkan oleh: Deddy Mulyana dan Gembirasari. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wood, Julia T. (2016). Interpersonal Communication: Everyday Encounter. 8 th edition. Canada: Cengage Learning.

Yin, R. K. 2008. Case Study Research: Design and Methods. Sage Publications.




DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v15i2.12419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Tuti - Bahfiarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Indexed by: