EKSISTENSI DIRI PARA PELANGGAN STARBUCKS MELALUI RITUAL POSTING INSTASTORY

Yona Sylphee Young, Cosmas Gatot Haryono

Abstract


Penelitian ini mencoba menganalisis  fenomena yang terjadi diantara para pelanggan Starbuck di Indonesia yang sangat suka memposting instastory dengan konten-konten yang berkaitan Starbuck. Fenomena posting instastory tentang starbuck ini mendorong peneliti untuk memahami apa yang terjadi di balik itu. Penelitian dilakukan terhadap empat orang narasumber dengan menggunakan metode etnografi virtual. Metode ini dipilih karena di era serba digital ini, penggunaan internet dan social media meningkat sangat tajam; tetapi sayangnya tidak banyak metode penelitian yang mampu menjangkaunya.  Etnografi virtual bisa menjangkaunya melalui penyelidikan terhadap segala entitas yang ada di dalam social media. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kalangan muda memandang aktivitas memposting hal-hal yang berkaitan dengan Starbuck di Instasroty merupakan sebuah ritual wajib meningkatkan status sosial mereka. Menampilkan produk brand terkenal seperti Starbuck akan akan membantu mereka dalam upaya menempatkan diri diantara teman-teman pergaulan mereka.  

 


Keywords


Etnografi virtual, Instastory, Eksistensi diri dan Kopi Starbuck

References


Abdulla, M. R. (2018). No TitleCulture, Religion, and Freedom of Religion or Belief. The Review of Faith & International Affairs, 16(4), 102–115. https://doi.org/DOI: 10.1080/15570274.2018.1535033

Achmad, Z. A., & Ida, R. (2018). Etnografi Virtual Sebagai Teknik Pengumpulan Data Dan MEtode Penelitian. The Journal of Society & Media, 2(2), 130–145.

Anissa, S. (2019). STUDI NETNOGRAFI AKSI BEAT PLASTIC POLLUTION OLEH UNITED NATIONS ENVIRONMENT DI INSTAGRAM. Jurnal Aspikom, 3(6), 1109–1123.

Ayun, P. Q. (2015). Fenomena Remaja Menggunakan Media Sosial dalamMembentuk Identitas. ChANNEL, 3(2), 1–16. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.12928/channel.v3i2.3270

Bastos, M., S., W., & Simeone, M. (2021). The IMPED Model: Detecting Low-Quality Information in Social Media. American Behavioral Scientist. American Behavioral Scientist, 65(6). https://doi.org/10.1177/0002764221989776

Beneito-Montagut, R., Begueria, A., & Cassián, N. (2017). Doing digital team ethnography: being there together and digital social data. Qualitative Research, 17(6), 668–682. https://doi.org/10.1177/1468794117724500

Damhuri, E. (2020). Starbucks Tandai 18 Tahun Kebersamaan di Indonesia. Republika.Co.Id.

Farida. (2019). Starbucks paling banyak gunakan kopi Indonesia. Arahdestinasi.Com.

Haryono, C. G. (2020). Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi. Jejak.

Iman, M. (2020). Pengguna Instagram di Indonesia Didominasi Wanita dan Generasi Milenial. Goodnewsfromindonesia.Id.

Kozinets, R. V. (2010). Netnography: Doing Ethnographic Research Online. Sage.

Lifton, J., & Paradiso, J. A. (2010). Dual reality: Merging the real and virtual. In Lecture Notes of the Institute for

Computer Sciences, Social-Informatics and Telecommunications Engineering. LNICST, 33, 12–28. https://doi.org/http://doi.org/10.1007/978-3-642-11743-5_2

Nasrullah, R. (2012). Komunikasi Antar Budaya di Era Budaya Siber. Kencana Prenada Media Group.

Putri, W. S. R., Nurwati, N. R., & M., B. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 47–51. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/jppm.v3i1.13625

Rashid, Y., Rashid, A., Warraich, M. A., Sabir, S. S., & Waeem, A. (2019). Case Study Method: A Step-by-Step Guide for Business Researchers. International Journal of Qualitative Methode. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/1609406919862424

Sadono, T. P., & Koli, N. (2015). BUDAYA PENGGUNA APLIKASI BACA BERITA INDONESIA. Bricolage, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30813/bricolage.v1i01

Salomon, D. (2013). Moving on from Facebook: Using Instagram To Connect With Undergraduates And Engage In Teaching And Learning. College & Research Libraries News.

Sari, F. (2019). K opi di kalangan milenial: Di antara tren, kemudahan dan cashback. Kontan.Co.Id.

Steinmetz, K. F. (2012). Message Received: Virtual Ethnography in Online Message Boards. International Journal of Qualitative Methods, 11(1), 26–39.

Subianto, J. (2013). PERAN KELUARGA, SEKOLAH, DAN MASYARAKAT DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER BERKUALITAS. Edukasia, 8, 331–353.

Windiani, & R., F. N. (2016). MENGGUNAKAN METODE ETNOGRAFI

dimensi, vol. 9, no. 2, pp. 87–92, 2016.




DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v16i1.11763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Cosmas Gatot Haryono, Yona Sylphee Young

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Indexed by: