EKSISTENSI DIRI PARA PELANGGAN STARBUCKS MELALUI RITUAL POSTING INSTASTORY
Abstract
Penelitian ini mencoba menganalisis fenomena yang terjadi diantara para pelanggan Starbuck di Indonesia yang sangat suka memposting instastory dengan konten-konten yang berkaitan Starbuck. Fenomena posting instastory tentang starbuck ini mendorong peneliti untuk memahami apa yang terjadi di balik itu. Penelitian dilakukan terhadap empat orang narasumber dengan menggunakan metode etnografi virtual. Metode ini dipilih karena di era serba digital ini, penggunaan internet dan social media meningkat sangat tajam; tetapi sayangnya tidak banyak metode penelitian yang mampu menjangkaunya. Etnografi virtual bisa menjangkaunya melalui penyelidikan terhadap segala entitas yang ada di dalam social media. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kalangan muda memandang aktivitas memposting hal-hal yang berkaitan dengan Starbuck di Instasroty merupakan sebuah ritual wajib meningkatkan status sosial mereka. Menampilkan produk brand terkenal seperti Starbuck akan akan membantu mereka dalam upaya menempatkan diri diantara teman-teman pergaulan mereka.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdulla, M. R. (2018). No TitleCulture, Religion, and Freedom of Religion or Belief. The Review of Faith & International Affairs, 16(4), 102–115. https://doi.org/DOI: 10.1080/15570274.2018.1535033
Achmad, Z. A., & Ida, R. (2018). Etnografi Virtual Sebagai Teknik Pengumpulan Data Dan MEtode Penelitian. The Journal of Society & Media, 2(2), 130–145.
Anissa, S. (2019). STUDI NETNOGRAFI AKSI BEAT PLASTIC POLLUTION OLEH UNITED NATIONS ENVIRONMENT DI INSTAGRAM. Jurnal Aspikom, 3(6), 1109–1123.
Ayun, P. Q. (2015). Fenomena Remaja Menggunakan Media Sosial dalamMembentuk Identitas. ChANNEL, 3(2), 1–16. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.12928/channel.v3i2.3270
Bastos, M., S., W., & Simeone, M. (2021). The IMPED Model: Detecting Low-Quality Information in Social Media. American Behavioral Scientist. American Behavioral Scientist, 65(6). https://doi.org/10.1177/0002764221989776
Beneito-Montagut, R., Begueria, A., & Cassián, N. (2017). Doing digital team ethnography: being there together and digital social data. Qualitative Research, 17(6), 668–682. https://doi.org/10.1177/1468794117724500
Damhuri, E. (2020). Starbucks Tandai 18 Tahun Kebersamaan di Indonesia. Republika.Co.Id.
Farida. (2019). Starbucks paling banyak gunakan kopi Indonesia. Arahdestinasi.Com.
Haryono, C. G. (2020). Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi. Jejak.
Iman, M. (2020). Pengguna Instagram di Indonesia Didominasi Wanita dan Generasi Milenial. Goodnewsfromindonesia.Id.
Kozinets, R. V. (2010). Netnography: Doing Ethnographic Research Online. Sage.
Lifton, J., & Paradiso, J. A. (2010). Dual reality: Merging the real and virtual. In Lecture Notes of the Institute for
Computer Sciences, Social-Informatics and Telecommunications Engineering. LNICST, 33, 12–28. https://doi.org/http://doi.org/10.1007/978-3-642-11743-5_2
Nasrullah, R. (2012). Komunikasi Antar Budaya di Era Budaya Siber. Kencana Prenada Media Group.
Putri, W. S. R., Nurwati, N. R., & M., B. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 47–51. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/jppm.v3i1.13625
Rashid, Y., Rashid, A., Warraich, M. A., Sabir, S. S., & Waeem, A. (2019). Case Study Method: A Step-by-Step Guide for Business Researchers. International Journal of Qualitative Methode. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/1609406919862424
Sadono, T. P., & Koli, N. (2015). BUDAYA PENGGUNA APLIKASI BACA BERITA INDONESIA. Bricolage, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30813/bricolage.v1i01
Salomon, D. (2013). Moving on from Facebook: Using Instagram To Connect With Undergraduates And Engage In Teaching And Learning. College & Research Libraries News.
Sari, F. (2019). K opi di kalangan milenial: Di antara tren, kemudahan dan cashback. Kontan.Co.Id.
Steinmetz, K. F. (2012). Message Received: Virtual Ethnography in Online Message Boards. International Journal of Qualitative Methods, 11(1), 26–39.
Subianto, J. (2013). PERAN KELUARGA, SEKOLAH, DAN MASYARAKAT DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER BERKUALITAS. Edukasia, 8, 331–353.
Windiani, & R., F. N. (2016). MENGGUNAKAN METODE ETNOGRAFI
dimensi, vol. 9, no. 2, pp. 87–92, 2016.
DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v16i1.11763
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Cosmas Gatot Haryono, Yona Sylphee Young
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Komunikasi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.