Pengaplikasian Elaborated Likelihood Model dalam Strategi Komunikasi Kampanye “Ingat Pesan Ibu”
Abstract
Pandemi akibat persebaran irus Covid 19 ditetapkan sebagai bencana nasional, Pemerintah melalui Satuan Tugas Covid 19 melakukan berbagai upaya mulai dari PSBB(Pembatasan Sosial Berskala Besar) sampai PPKM(Pemberlakuan Pembatasan Kegaitan Masyarakat) level empat. Usaha lain yang dilakukan adalah merubah perilaku masyarakat menuju New Normal melalui 3 M dan sekarang 5M. Beberapa upaya tersebut dilakukan dengan pendekatan himbauan, tidak hanya itu untuk merubah perilaku masyarakat dikalangan remaja Satuan Tugas Covid 19 bersama Padi Reborn membuat kampanye “ Ingat Pesan Ibu”. Tulisan ini akan menganalisis tentang kampanye “Ingat Pesan Ibu” dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan dalam tulisan ini adalah ELM(Elaborated Likelihood Model). Hasil dari tulisan ini menunjukan bahwa pemrosesan informasi yang diharapkan dalam kampanye ini adalah dengan menggunakan jalur peripheral, menggunakan musik yang menarik, ketokohan Padi Reborn dan pesan yang singkat dan selaras sehingga mudah untuk diingat dan diterapkan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aida, N. R. (2021). inilah 10 Varian baru virus corona mutasi, kenali gejala dan cara pencegahannya. Kontan.Co.Id, 1. https://kesehatan.kontan.co.id/news/inilah-10-varian-baru-virus-corona-hasil-mutasi-kenali-gejala-dan-cara-mencegahnya?page=all
Bayu, D. J. (2020). Jokowi Bentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19. Katadata.Co.Id, 2. https://katadata.co.id/agustiyanti/berita/5e9a4214bc69e/jokowi-bentuk-gugus-tugas-percepatan-penanganan-covid-19
Cialdini, R. B. (2007). influence: The Psychology of Persuasion. Happer Collins.
Citrasiwi, Galih, et all. (2017). Pembentukan Sikap Masyarakat Terhadap Kesehatan Diri melalui Kampanye 10 Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Jurnal Visi- Publikasi.Mercubuana.Ac.Id, 136–145. https://publikasi.mercubuana.ac.id/files/journals/16/articles/1263/public/1263-2837-1-PB.pdf
Cresswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset(Memilih Diantara Lima Pendekatan) (Saifuddin Zuhri Qudsy (ed.); edisi ke 3). Pustaka Pelajar.
Griffin, E. M. (2003). A First Look at Communications Theory (5th ed.). McGraw Hill.
Hakim, B. (2006). Lenturan Tapi Relevan. Galang Press Media Utama.
Hastuti, S. (2013). Efektivitas Iklan Layanan Masyarakat di Televisi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 67–71.
Hutagulung, I. (2015). Teori Teori Komunikasi dalam Pengaruh Psikologi. PT Indeks.
Indah, D. R., & Maulida, Z. (2017). Analisis Efektifitas Iklan Media Televisi Menggunakan EPIC Model ( Studi Kasus Produk A Mild di Kota Langsa ). Penelitian Ekonomi Akuntansi, 1(2), 137–149.
Kaddi, S. M., Lestari, P., & Adrian, D. (2020). Komunikasi Keluarga Dalam Pencegahan Coronavirus Disease 2019. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(1), 63. https://doi.org/10.31315/jik.v18i1.3701
Kasali, R. (2006). Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya. Pustaka Grafiti.
Larson, C. U. (1986). Persuasio Reception and Responsibility. Wadsworth Publishing Company Belmont.
Liem, S., Marta, D. R. F., & Panggabean, P. D. phil. H. (2019). Sanitation Behavior and Risk of Stunting: Understanding the Discourse of a Public Service Announcement. Jurnal The Messenger, 11(2), 168. https://doi.org/10.26623/themessenger.v11i2.1317
Liliweri, A. (1992). Dasar- dasar Komunikasi Periklanan. Citra Aditya Bakti.
Litlejohn, S. W. &Karen A. F. (2012). Teori Komunikasi. Salemba Humanika.
Madjadikara, A. S. (2005). Bagaimana Biro Iklan Memproduksi Iklan: Bimbingan Praktis Penulisan Naskah Iklan. Gramedia.
Nim, O. N., Hidayatullah, R., Diajukan, T. A., Madya, A., Terapan, K., Diploma, P., Komunikasi, I. I. I., Fakultas, T., Sosial, I., Ilmu, D. A. N., Universitas, P., & Maret, S. (2009). Peran Divisi Market Intelligence Dwi Sapta Imc ( Integrated Marketing Communication ) Dalam Menggali Consumer Persetujuan Peran Divisi Market Intelligence Dwi Sapta Imc ( Integrated Marketing Communication ) Dalam Menggali Consumer.
Petty, R. A. (2012). Handbook of Theories of Social Psychology (P. A. M. Van Lange (ed.)).
Pujianto. (2013). Iklan Layanan Masyarakat. Andi.
Purnamasari, D. M. (2020, April 14). Ini Strategi Gugus Tugas Sebulan Terkahir Menanggulangi Covid 19. Kompas.Co.Id, 2. https://nasional.kompas.com/read/2020/04/14/16561851/ini-strategi-
gugus-tugas-sebulan-terakhir-menanggulangi-covid-19
Sumartiningtyas, H. K. (2020). Indonesia Menuju New Normal Corona, ini Protokol Kesehatan Covid 19 yang harus Dilakukan. Kompas.Com, 2. https://www.kompas.com/sains/read/2020/05/27/163200923/indonesia-menuju-new-normal-corona-ini-protokol-kesehatan-covid-19-yang
Tupani, D. (2020). Nielsen: Covid-19 Tingkatkan Jumlah Penonton Televisi. Media Indonesia.Com, 2. https://mediaindonesia.com/humaniora/298392/nielsen-covid-19-tingkatkan-jumlah-penonton-televisi
Yasa, I. N. M. (2021). Strategi Komunikasi Persuasif Iklan Layanan Masyarakat tentang Edukasi Melaksanakan Kesehatan pada Masa Pandemi Covid 19. Sasak: Desain Visual Dan Komunikasi, 03(1), 6.
DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v15i2.11471
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Alifa Nur Fitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Komunikasi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.